PCNU Tomohon Bereaksi, Khan: Kami Kutuk Keras Peristiwa Ledakan Bom di Makassar

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan sebuah ledakan yang terjadi di sekitar Gereja Katedral Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (28/3) pagi tadi.

Peristiwa tersebut mendapat sejumlah tanggapan dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Tokoh Agama di Sulawesi Utara, Zamroni Khan.

Zamroni yang juga merupakan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tomohon ikut bereaksi dan menilai kejadian tersebut sebagai tindakan yang keji.

“PCNU mengutuk keras atas ledakan bom yang terjadi hari ini di Makassar. Sangat biadab dan tidak berkemanusiaan pelaku dan komplotannya,” ungkapnya.

Ditegaskannya, aksi ini tidak dibenarkan oleh agama apa pun.

“Saya yakin semua agama mengajarkan umatnya untuk menghindari aksi kekerasan. Karena dengan kekerasan akan menggerus nilai-nilai kemanusiaan dan pasti merugikan banyak pihak. Kekerasan ini pulalah yang rawan mengoyak tatanan kehidupan masyarakat yang sudah terbina dengan rukun dan baik,” jelasnya.

Ia berharap, kepolisian dan pihak-pihak berwenang terkait kasus ini segera menindak dan mengungkap peristiwa tersebut.

“Diharapkan aparat kepolisian dengan tegas menguak latar belakang yang dilakukan di sekitar tempat ibadah ini. Kepolisian juga perlu meningkatkan keamanan di tempat-tempat ibadah, sehingga masyarakat bisa semakin tenang dan khusyuk dalam beribadah,” pintahnya.

Diketahui, hingga kini Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan masih sementara melakukan investigasi dan pendataan.

Penulis: Anugrah Pandey