Pelaku Pencurian dan Kekerasan Pada Perempuan Berhasil Diringkus Totosik

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Kepolisian Resor (Polres) Tomohon berkolaborasi dengan personil Polsek Tomohon Utara, berhasil menangkap lelaki YDK alias Yunus (22), warga Desa Teep, Kecamatan Langowan.

Ia merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan kepada seorang wanita bernama MP alias Mega (26), warga Desa Manembo, Kecamatan Langowan, di ruas jalan Tomohon-Manado, tepatnya di depan Rumah Makan (RM) Imannuel, Senin (25/1) sekitar jam 22.00 Wita.

Kapolres Tomohon, AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK., melalui Kepala Tim (Katim) URC Totosik, Aipda Yanny Watung mengungkapkan, dasar penangkapan yakni dengan laporan polisi: LP/08/Res
1.8/I/2021/Res.Tomohon/Sek.Tomohon-Utara, 26 Januari 2021, pelapor atas nama Mega.

Saat dilakukan pemeriksaan, Mega menjelaskan kronologi kejadiannya, dimana ia sedang mengendarai kendaraan roda dua (R2) Honda Beat DB 5024 MW, berboncengan dengan DM alias Debora (22) warga Tataaran mengarah ke Manado.

“Saat di ruas jalan Tomohon-Manado depan RM Imanuel, Yunus yang mengendarai kendaraan R2 Honda Beat tanpa plat, memepet motor korban dan langsung merampas tas korban,” ungkap Watung.

“Terjadi tarik menarik antara Mega dan Yunus, lalu motor korban dan tersangka terjatuh atau kecelakaan. Yunus tak berhasil mendapatkan tas korban, apalagi saat itu korban berteriak minta tolong” katanya.

Kemudian datang lelaki YWP alias Yan (56), warga Kinilow, Kecamatan Tomohon Utata, berlari menuju ke arah Mega dan Yunus dengan maksud hendak menolong korban.

Sadar bahwa aksi Yunus telah diketahui oleh Yan, ia langsung lompat ke arah jurang dan melarikan diri.

“Melihat Yunus melarikan diri, Yan bermaksud mengejar dengan mengambil arah memutar arah belakang kios miliknya. Namun naas, Yan terpeleset dan kepalanya membentur batu,” ujar Watung.

Akibat dari kejadian tersebut, Yan meninggal dunia di rumah sakit Bethesda Tomohon, karena mengalami luka pada bagian kepala karena terbentur. Sementara Mega mengalami luka lecet pada wajah, bagian bibir, dan lecet pada kedua sikut tangan serta lutut pada kedua kaki.

Saat mendapat laporan, Tim Totosik langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), tapi pelaku sudah melarikan diri. Tim kemudian melakukan pengembangan dengan mengumpulkan informasi baik dari Mega maupun kendaraan yang digunakan Yunus yang ditinggalkan di TKP. Tim pun mendapatkan data pemilik R2 yang digunakan pelaku, yakni Deimers, asal Desa Taler, Tondano.

“Dari keterangan, Deimers menerangkan bahwa kendaraan R2 miliknya sudah di jual kepada Yunus.

Selanjutnya, Tim memperoleh keterangan bahwa ia merupakan residivis kasus yang sama, serta beberapa kasus pencurian lainnya.

“Tim juga memperoleh informasi dari media sosial tentang Yunus, dan pada satu postingan Yunus menggunakan mantel hitam yang ciri-cirinya sama dengan keterangan dari korban saat melakukan aksinya,” kata Watung.

“Lalu Tim menuju ke rumah Yunus, dan saat itu juga berhasil mengamankan Yunus tanpa perlawanan. Dihadapan Tim Totosik, pelaku mengakui perbuatannya. Tersangka dan barang bukti diserahkan ke Polres Tomohon untuk proses lanjut,” tambah Watung.

Diketahui, didapati barang bukti berupa satu unit R2 Honda Beat warna biru putih, No. Pol DB.3017 BL, dan satu buah jeket lengan panjang.

Penulis: Denny Pongajow
Editor: Anugrah Pandey