Pelaku Penipuan DPO Polda Sulut Diciduk Tim URC Totosik

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Sekian lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisan Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut), pelaku penipuan/penggelapan akhirnya diciduk Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Polres Tomohon.

Pelaku berhasil diamankan Kamis (16/7), sekira pukul 12.00 Wita, di Kelurahan Taratara Satu, Kecamatan Tomohon Barat, tepatnya di rumah kontrakannya.

“Pelaku perempuan JK (57) alias Cicilia, warga Kelurahan Taratara Satu, Lingkungan 6, Kecamatan Tomohon Barat. Sementara korbannya Antje C. Matindas,” kata Kepala Tim (Katim) Totosik Polres Tomohon, Bripka Yanny Watung yang memimpin langsung penangkapan pelaku.

Dijelaskan Katim, kronologinya pada tanggal 1 September 2016, pelaku Cicilia menemui dan membujuk korban Antje untuk bisnis beras dengan cara memborong. Korban Antje cukup memberikan uang kepada pelaku dan beras hasil pembelian akan dibawa ke rumah korban dengan menggunakan kendaraan truk.

“Korban setelah dibujuk, menyetujui kerjasama bisnis beras ini dan memberikan uang kepada pelaku untuk membeli beras. Pemberian uang secara tunai dan ditransfer ke rekening pelaku,” ungkap Watung.

“Setelah korban memberikan uang, pelaku tidak pernah membawa beras kepada korban. Setiap dihubungi, pelaku selalu menghindar dan memberikan janji palsu kepada korban. Akhirnya pelaku dilaporkan oleh korban ke Polda Sulut pada Desember 2016,” beber Watung.

Sejak dilaporkan pada Desember 2016, pelaku tidak pernah memenuhi panggilan dan berpindah-pindah tempat tinggal. Disebutkan, korban mengalami kerugian sebesar Rp.180.000.000.

“Korban langsung diamanakan Tim Totosik dan selanjutnya diserahkan ke penyidik Dit. Reskrimum Polda Sulut, untuk diproses lebih lanjut,” tutup Watung.

Diketahui, berdasarkan laporan yang masuk di Polda Sulut pada bulan Desember 2016, pelaku penipuan ini kemudian masuk dalam DPO Direskrimun Polda Sulut.  (Denny Pongayow)