Pelestarian Kearifan Lokal Mencuat di Musrenbang Kecamatan Tomohon Tengah

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Pemerintah Kecamatan Tomohon Tengah yang di kepalai Camat Michael Joseph, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, Senin (8/2).

Ia mengatakan, Musrenbang ini adalah bagian atau rangkuman dari usulan-usulan yang masuk pada saat Musrenbang kelurahan.

Joseph mengungkapkan, usulan yang dominan dari para delegasi dari sembilan kelurahan ini adalah terkait dengan pelestarian kearifan lokal.

“Jadi budaya lokal kota Tomohon yang diharapkan nanti bisa dilestarikan dan diangkat terutama dalam event-event. Apakah itu event berskala lokal, nasional ataupun internasional. Terutama TIFF kemudian HUT kota,” ujarnya.

Terkait masalah infrastruktur, menurutnya di kota Tomohon sudah menyentuh sampai tingkat kelurahan.

“Tinggal ada perbaikan-perbaikan, perawatan, termasuk juga ada usulan untuk pengalihan status jalan, jalan provinsi beralih ke jalan kota, supaya kalau ada kerusakan langsung bisa diperbaiki,” ucap Joseph.

Ditambahkannya, untuk usulan-usulan Musrenbang ini disesuaikan dengan visi misi serta 20 program unggulan wali kota dan wakil wali kota terpilih.

Ia pun berharap, sembilan delegasi dari masing-masing kelurahan yang ditetapkan tadi bisa memperjuangan hasil dari Musrenbang ini.

Penulis: Anugrah Pandey