Pembelajaran Berkelanjutan di LPKA, Simbolon Minta Dukungan Orang Tua

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Tomohon selalu siap memberikan hak pendidikan kepada anak-anak. Hal itu ditegaskan Kepala LPKA Kota Tomohon, Marulye Simbolon, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis, (1/4).

Ia mengungkapkan, itu merupakan kewajiban dari LPKA Kota Tomohon untuk dilaksanakan.

“Barusan ada rapat koordinasi tentang pendidikan berkelanjutan bagi anak di LPKA yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Permasyarakatan, dan yang diundang adalah LPKA se-Indonesia dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten, kota dan provinsi,” ujarnya.

Menurutnya, rakor ini sengaja dilaksanakan, karena di lapangan banyak kendala-kendala yang dihadapi.

“Tentunya kendala-kendala itu harus segera diselesaikan, dengan berhubungan langsung secara teknis bersama Dikbud sebagai penyelenggara pendidikan. Mudah-mudahan dengan adanya rakor ini, masalah-masalah yang dihadapi oleh LPKA bisa teratasi,” tukasnya.

Lanjut Simbolon, Dikbud sangat merespon hal ini. Tapi, pihaknya kadangkala mendapat kendala dari orang tua sendiri.

“Kami sesungguhnya memerlukan dukungan dari orang tua. Contohnya ketika anak-anak kami ikutkan program kejar paket, tentunya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, misalnya ijazah terakhir. Ketika orang tua dengan segera menyampaikan kepada kami, tentunya dengan mudah kami akan mendaftarkan ke Dikbud setempat untuk diikutkan,” harapnya.

Ia mengakui, sebenarnya orang tua mengizinkan. Tapi data yang kami minta kadang kurang di respon.

“Mungkin karena jarak tempat tinggal antara orang tua atau alamat anak dengan Tomohon. Kami sudah mengumpulkan anak-anak untuk menanyakan itu, dan mudah-mudahan kendala ini bisa diatasi,” tandasnya.

Penulis: Anugrah Pandey