Pemdes Rumengkor Salurkan BLT-DD April

MANGUNINEWS.COM, Tombulu – Bekerja sama dengan Bank SulutGo, Pemerintah Desa Rumengkor, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020. Penyaluran dilakukan di kantor desa setempat, Jumat (8/5).

“Hari ini, Desa Rumengkor telah menyalurkan BLT yang sumber dana dari Dana Desa, dimana pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa bekerja sama dengan Bank SulutGo dan dilakukan penyaluran hari ini,” jelas Marthinus Mamuaja, SE, Hukum Tua (Kepala Desa) Desa Rumengkor kepada awak media di sela-sela penyaluran bantuan tersebut.

Dikatakan juga, dana yang disiapkan untuk penyaluran bantuan dari 25 persen DD tahun 2020 di Desa Rumengkor sekitar Rp189 juta.

“Di Desa Rumengkor, untuk penyaluran Dana Desa yang diambil dari DD tahun 2020 sebanyak 105 Kepala Keluarga (KK). Diambil dari 25 persen jadi yang disiapkan kurang lebih 189 juta rupiah,” tandas Mamuaja sembari menjelaskan jika BLT-DD yang disalurkan ini untuk bulan April.

Menurut Hukum Tua, penerima BLT ini sesuai hasil musyawarah desa. “Pada hari Rabu, tanggal 22 April, dilaksanakan musyawarah desa yang dihadiri pemerintah desa, BPD (Badan Permusyawaratan Desa, red), tim relawan, tim independen desa, tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama. Dan itu disimpulkan bahwa yang penerima itu sudah ditetapkan dengan berita acara yang ditanda tandangi. Dan nama-nama tersebut dikirim melalui Camat Tombulu untuk diteruskan ke dinas terkait, dalam hal ini PMD dimana akan dikeluarkan surat keputusan dari Bapak Bupati,” jelasnya.

“Setelah ada proses mekanisme yang telah kami sampaikan tadi, kemudian ada penyaluran dilaksanakan pada hari ini,” pungkasnya.

Dari pantauan, untuk tetap mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), penyaluran bantuan itu dilakukan dengan memanggil warga per lingkungan melalui pengeras suara dan diwajibkan untuk memakai masker. Tiba di kantor desa, warga juga diminta mencuci tangan terdahulu sebelum masuk.

Diketahui juga, penyaluran diawasi oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Tombulu dan dihadiri oleh Kadis, Camat, dan Pendamping Desa yang ada. (Tim Man)