Pemerintah Kelurahan Kolongan Aktifkan Pos Relawan Covid-19

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), Pemerintah Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah, aktifkan pos relawan. Kebijakan ini sudah dilaksanakan sejak Minggu (11/5) malam.

Tugas personil di pos tersebut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang datang di kelurahan, baik warga setempat maupun yang datang dari luar. Itu disampaikan Lurah Kolongan, Jones Andrias Mait selaku Ketua Tim Relawan Covid-19.

“Untuk itu, kami menginformasikan kepada seluruh masyarakat yang akan memasuki wilayah Kelurahan Kolongan, bahwa mulai Senin (11/5), di Kelurahan Kolongan akan ada 3 pos pemeriksaan kesehatan,” katanya.

“Pos 1 di perampatan (simpang empat) tugu salib atau jam, untuk Pos 2 di Poskamling  Lingkungan 5, dan Pos 3 di persimpangan Jalan Permesta,” ungkap Mait.

Ditegaskan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi warga yang hendak melintas di pos-pos tersebut.

“Jadi, bagi siapa saja, baik orang dalam atau luar Kolongan yang akan melintas di pos-pos kesehatan tersebut, tim relawan akan melakukan pemeriksaan suhu badan, identitas diri berupa kartu tanda penduduk (KTP), Surat Keterangan Sehat dari dokter atau Puskesmas. Itu keterangan terbaru serta tujuan anda masuk Kelurahan Kolongan jika beridentitas luar Kelurahan Kolongan,” jelas Lurah.

“Jam operasional pos-pos tersebut dilakukan 1 x 24 jam di Pos 1. Pos 2 dan 3 sampai jam 7 malam dan jalan akan ditutup dengan palang yang dijaga oleh petugas keamanan. Pelaku perjalanan akan diarahkan masuk melewati Pos 1 dan keluar lewat Pos 2 atau 3,” papar Mait.

Ia berharap, masyarakat bisa memahami hal ini. “Mohon maaf, perjalanan anda terganggu dan terima kasih,” sambung Mait, seraya mengharapkan perhatian dan kerjasama yang baik dari masyarakat.

Diketahui, tim relawan terbentuk berdasarkan hasil rapat yang dihadiri oleh pemerintah dan masyarakat setempat di Kantor Kelurahan Kolongan.

Sesuai hasil rapat, ditetapkan Ketua Tim Relawan, Jones Mait Andrias (Lurah Kolongan), Elfa Montolalu sebagai Sekretaris dan Anet Runtuwene Bendahara. (Denny Pongayow)