Pemkab Boltim Salurkan Bantuan di Kecamatan Nuangan

MANGUNINEWS.COM, Nuangan – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP), mulai menyalurkan bantuan penanganan Covid -19 tahap II. Informasi yang dikantongi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang ikut mendampingi penyaluran di Kecamatan Nuangan, bantuan mulai disalurkan ke beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Boltim.

Disebutkan, Pemkab Boltim telah selesai menyalurkan bantuan di sejumlah kecamatan. Sudah ada 3 kecamatan yang selesai disalurkan yaitu, Kecamatan Kotabunan, Kecamatan Tutuyan, Kecamatan Motongkad, dan Senin (27/7), berlangsung penyaluran bantuan di Kecamatan Nuangan.

Diperkirakan bantuan ini akan tersalur seluruhnya kepada masyarakat selama 3 hari ke depan dan kemudian akan dilanjutkan di Kecamatan Mooat, Modayag dan Modayag Barat.

Kepala Seksi Harga Pangan, DKP Boltim, Nurjida Sugeha menjelaskan, terkait teknis penyalurannya, harus disesuaikan dengan data yang diterima oleh dinas teknis melalui Sangadi (Kepala Desa). Ini dilakukan untuk meminimalisir segalah kemungkinan terburuk yang timbul kemudian hari.

Menurutnya, data penerima bantuan telah melalui proses validasi data ulang oleh dinas yang diajukan oleh Sagadi.

“Validasi ulang ini dilakukan agar jagan sampai ada penerima yang dobel. Contohnya yang sudah menerima JHT (Jaminan Hari Tua) tentu tidak bisa menerima bantuan lainnya. Dan bagi penerima bantuan harus membawa kartu keluarga atau KTP. Hal ini dilakukan karena berdasarkan hasil koordinasi dengan BPK, harus ada penginputan nomor induk kependudukan (NIK) bagi yang menerima bantuan,” jelas Sugeha.

Sangadi Nuangan 1, Fuad Basmul ketika dimintai tanggapan terkait penyerahan bantuan ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati dan semua pemangku kepentingan, khususnya pemda Boltim.

“Terima kasih Pak Bupati, karena telah menyalurkan bantuan tahap dua. Mengingat kondisi masyarakat dengan situasi pandemi ini sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah. Sekali lagi sukur moanto Pak Bupati,” ucap Fuad dengan dialeg Mongondow.

Sementara, Sekretaris Dinas Kominfo Fitra Damopolii yang mendampingi tim dari DKP, menyampaikan harapannya. “Semoga bantuan ini dapat membantu dan segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang terkena dampak pandemi ini,” tutupnya. (Pusran Beeg)