Pemkab Minahasa Gratiskan Pengurusan Surat Kewaspadaan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Sejumlah pemerintah daerah mulai menerapkan pemeriksaan kesehatan di beberapa pos perbatasan antar kabupaten/kota di Sulawesi Utara (Sulut). Merespon hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kesehatan, menggratiskan pengurusan surat keterangan sehat.

Warga yang membutuhkan surat keterangan sehat bisa langsung ke Puskesmas setempat atau rumah sakit.

Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Koya, dr. Juliana Sumenge. Dijelaskan, untuk pengurusan surat keterangan sehat hanya membawa kartu tanda pengenal serta melakukan pendaftaran dan kemudian mendapat pemeriksaan kesehatan dari petugas Puskesmas.

Menurutnya, apabila pemohon dalam kondisi sehat, pihak Puskesmas akan mengeluarkan surat keterangan sehat untuk digunakan sesuai kebutuhan.

“Pengurusan kartu keterangan sehat atau surat kewaspadaan bagi warga Minahasa yang bekerja di luar Kabupaten Minahasa, diberikan gratis oleh pemerintah Kabupaten Minahasa,” jelasnya.

“Warga yang membutuhkan, bisa langsung mendatangi Puskesmas terdekat atau Rumah Sakit dengan membawa kartu tanda pengenal sepereti KTP dan SIM,” kata Dokter Juliana.

Informasi yang diperoleh dari Pemkab Minahasa, kebijakan yang sama juga diterapkan untuk surat jalan. Bagi warga Minahasa yang membutuhkan, bisa langsung ke pemerintah desa atau kelurahan, tanpa ada pungutan biaya. (Kelly korengkeng)