Pemkab Minahasa Jaga Ketat Enam Pintu Masuk

299

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Langkah serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) yang kian memprihatinkan, makin dipertegas. Teranyar, keputusan resmi diambil. Enam titik pintu masuk daerah ini akan dijaga ketat.

“Ada enam titik pintu masuk dan keluar yang kita jaga. Mulai dari Kasuang, Leilem, Tonsea Lama, Koka, Sawangan dan Sumalangka. Terkait penjagaan ini kita bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI,” ujar Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Minahasa, Dr Denny Mangala MSi, usai rapat di Mapolres Minahasa, Senin (13/4) tadi.

Menurutnya, meskipun sudah ada beberapa titik yang dijaga terlebih dahulu, namun akan diefektifkan mulai Selasa (14/4) besok. Penjagaan ini akan dilakukan selama 30 hari ke depan.

“Bisa juga diperpanjang. Tinggal melihat situasi perkembangan Covid-19,” jelasnya.

Di pos penjagaan, nantinya masyarakat yang akan melintasi pintu masuk Minahasa, akan melewati protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Hal tersebut diatur dalam prosedur tetap di masing-masing pos.

“Jadi ada pemeriksaan termoscan dan wawancara singkat tentang riwayat perjalanan. Semua itu sudah diatur dalam prosedur tetap,” tegasnya.

Ditanya tentang potensi Kabupaten Minahasa menerapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Mangala mengatakan belum ada pembahasan terkait hal tersebut.

“Hal itu belum dibahas karena belum kepikiran ke arah itu. Mudah-mudahan perkembangan Covid-19 akan semakin membaik, supaya keadaan tidak akan memburuk tapi akan semakin membaik,” pungkas Mangala. (Kelly Korengkeng)