Pemkab Minahasa Makamkan PDP Asal Manado Dengan Protokol Kesehatan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan koordinasi pemakaman pasien dalam pemantauan (PDP) asal Manado yang dimakamkan di wilayah Minahasa, tepatnya di Kecamatan Pineleng dan Kecamatan Kombi.

Informasi yang diungkapkan Tim Gugus Tugas Covid-19 Minahasa, semua proses pemakaman di dua tempat tersebut berjalan baik dan lancar serta tidak ada penolakan masyarakat. Pernyataan ini sekaligus menepis informasi yang menyatakan jika ada penolakan masyarakat yang terjadi di Minahasa.

“Karena itu, beberapa masyarakat Minahasa ada yang kontak kepada kami dan mengaku sangat menyayangkan pemberitaan bahwa warga yang ber-KTP Minahasa ditolak dimakamkan di Minahasa. Dengan orang luar Minahasa tidak ditolak apalagi warga Minahasa,” kata Kelly Korengkeng, Ketua Pers Minahasa (Persmin), yang setiap hari melakukan peliputan terkait aktivitas Tim Gugus Tugas Covid-19 Minahasa.

Persmin justru mengaku sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Minahasa, tim Gugus Tugas Covid-19 dalam menghadapi pandemi kini, secara khusus penanganan mereka terhadap jenazah yang harus ditangani sesuai protokol kesehatan.

“Pers Minahasa apresiasi karena sampai saat ini sudah 34 jenazah yang dimakamkan di Minahasa, bahkan jenazah dari  luar juga dimakamkan di Minahasa. Apresiasi juga karena Pemkab Minahasa telah menyiapkan 3 lokasi khusus pemakaman protap Covid-19 di Minahasa,” tandas Korengkeng.

Sementara, Bupati Minahasa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Denny Mangala, menyatakan bahwa sampai saat ini sudah 9 orang warga luar daerah Minahasa yang dimakamkan di Minahasa tanpa penolakan.

“Ini membuktikan bahwa rakyat Minahasa sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sebagaimana filosofi maleos-leosan wo masawang-sawangan,” ucap Mangala. (Meidy Sumeleh)