Pemkab Minahasa Pesan 500 APD dan Siapkan Ruangan Penanganan Pasien Corona

Maya Rambitan

Pemerintah Kabupaten Minahasa kini menghadapi ancaman virus corona atau Covid-19 secara serius. Sejumlah kebutuhan, termasuk sarana pendukung untuk menangani pasien yang terinfeksi pun kini tengah dipersiapkan.

Teranyar, ratusan alat pelindung diri (APD) untuk membekali para tenaga medis mulai diadakan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa, dr Maya Rambitan, Rabu (25/3) malam.

“Pemkab Minahasa sudah pesan 500 APD untuk antisipasi dan penanganan pasien yang diduga terpapar Covid-19,” ujarnya.

Selain memesan APD, menurutnya Pemkab Minahasa juga sementara menyiapkan 10 ruang perawatan di Rumah Sakit DR Sam Ratulangi Tondano dan 8 Puskesmas penanganan pasien Covid-19.

“500 APD ini nantinya akan disebar di sejumlah Puskesmas yang telah disiapkan untuk penanganan awal pasien diduga terdampak Covid-19,” terang Rambitan.

Diakui, untuk RS juga sudah ada 994 APD yang dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi. Untuk tahap selanjutnya bahkan masih akan ditambahkan. “Sebenarnya anggaran sudah dialokasi, hanya saja barangnya yang sangat sulit didapat. Untuk RS Sam Ratulangie Tondano misalnya, sudah ada 994 APD dari provinsi,” ungkap Rambitan. (Kelly Korengkeng)