Pemkab Mitra Bentuk Satlinmas, Camat Ratahan Timur Kukuhkan Pengurus Desa Pangu Raya

ManguniNews.Com, MITRA – Dalam rangka menciptakan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, Pemkab Mitra melalui Pemerintah Kecamatan Ratahan Timur membentuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Diketahui Satlinmas di Desa Pangu Raya dikukuhkan langsung oleh Kepala Kecamatan Ratahan Timur Meyta Ompi.

Dikatakan Ompi, pembentukan Satlinmas ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteram serta perlindungan masyarakat.

“Satlinmas organisasi yang dibentuk ini beranggotaan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan keterampilan guna mengurangi dan memperkecil dampak bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman serta ketertiban di tengah-tengah masyarakat,”kata Ompi.

Ditambahkanya, Satlinmas sangat penting sebagai dasar untuk mendeteksi awal potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi Satlinmas yang dibentuk ini punya peran penting untuk menjadi pelopor keamanan di tengah masyarakat,”ucapnya.

Camat menjelaskan, Satlinmas merupakan pasukan terdepan yang mempunyai tugas pokok untuk membantu aparatur daerah dalam memelihara, mencegah dan menanggulangi gangguan kamtibnas.

“Satlinmas itu panggilan jiwa, kebanggaan tersendiri, bisa bermanfaat untuk masyarakat, melindungi masyarakat serta peran sertanya bisa membawa Kabupaten Mitra semakin aman, nyaman dan maju,”pungkas Camat Meyta Ompi.

Sementara Kepala Seksi Kentraman dan Ketertiban Kecamatan Ratahan Timur Dristy S. Tora, SH menyampaikan, sebelumnya pada Kamis (29/4/2021) kemarin telah dilakukan pengukuhan di Desa Wioi, Wioi Satu, Wioi Dua dan Wioi Tiga.

“Untuk hari ini Jumat (30/4/2021), pengukuhan Satlinmas di Desa Pangu, Pangu Satu Dan Pangu Dua, untuk hari Senin pekan depan pengekuhan Satlinmas Desa Wongkai, Wongkai Satu dan Wioi Timur,”tutup Dristy.

Editor: Lefrando Gosal

Penulis: Herie Soriton