Pemprov Gelar Musrenbang via VC, Roring: Pemkab Minahasa Siap Tindaklanjuti Arahan Gubernur

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Pemeritah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021, via video conference (VC). Agenda yang dilaksanakan Selasa (28/4) itu, turut diikuti Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring M,Si.

Musrenbang yang dibuka langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE ini, juga terhubung dengan Plh. Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri ,Hari Nur Cahya Murni dan Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw.

Dalam Musrenbang ini gubernur menyampaikan arahan tentang sejumlah hal penting. Pertama soal penguatan ketahanan perekonomian daerah pasca pandemik Covid-19 (pemulihan). Kedua, memperkuat sektor pertanian dan pariwisata. Ketiga, penanggulangan kemiskinan, penanganan stunting, penyediaan SDM promotif dan preventif dan sarana prasarana kesehatan. Keempat, peningkatan kualitas pendidikan. Kelima, memperkecil tingkat pengangguran terbuka (TPT). Keenam, pencapaian infrastruktur (air bersih – kawasan kumuh – sanitasi), infrastruktur konektifitas wilayah dan energy. Ketujuh, peningkatan kualitas pelayanan birokrasi berbasis.

Selain pengarahan dari gubernur, ada juga pengarahan Plh. Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Hari Nur Cahya Murni tentang pandemi Covid-19, urusan pemerintah daerah, indeks pembangunan manusia, peningkatan investasi dan peningkatan pembukaan lapangan kerja.

“Untuk menunjang dan sinergitas antar pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, pemerintah Kabupaten Minahasa sangat mendukung setiap aspek yang sudah disampaikan oleh Gubernur dan akan ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Minahasa,” kata Bupati Roring. (Kelly Korengkeng)