Pemprov Sulut Sediakan Bilik Sterilisasi di Pasar Bersehati

MANGUNINEWS.COM, Manado – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) bersama aparat TNI, Polri dan PD Pasar, lakukan pengamanan dan sosialisasi Pemasangan Bilik Antispetik di Pasar Bersehati Kelurahan Calaca, Manado, Selasa (31/3).

Perwakilan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular Ronald Wenas mengatakan, cairan disinfektan yang digunakan dalam bilik sterilisasi aman digunakan.

“Cairan disinfektan yang digunakan adalah dalam batasan aman karena menggunakan H202 (Hidrogen Peroksida) pada konsentrasi rendah seperti yang digunakan pada campuran obat dan kosmetik. Dan sasaran disinfektasi adalah pada pakaian yang digunakan,” kata Wenas.

“Namun demikian tetap dianjurkan saat proses disinfektasi harus menutup mata dan mulut serta menahan nafas selama kurang lebih 3 sampai 5 detik. Sebagaimana yang tercantum pada Protokol Penggunaan Bilik Disinfektasi yang turut dipajang di dekat bilik,” lanjutnya.

Protokol penggunaan bilik sterilisasi Covid-19 tersebut yakni, memperhatikan jarak antrian sebelum masuk minimal 1 Meter. Dalam bilik, posisi tubuh diam dengan tangan Iurus di samping badan dan saat disinfektasi, mata dan mulut tertutup serta menahan nafas kurang lebih 5 detik. Di saat keluar dari bilik tidak terburu-buru.

Dalam kegiatan ini turut hadir Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang didampingi Karo Umum Clay June Dondokambey, perwakilan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular Ronald Wenas, unsur Dinas Kesehatan Kapolsek Wenang AKP Dody Y Arruan SIK dan Sat Pol PP. (Denny Pongayow)