Pencairan DD Tahap Dua 100 Persen, Mokosolang Minta Pekerjaan Fisik Dituntaskan 

MANGUNINEWS.COM,Mitra -Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mitra Arnold Mokonsolang, mengatakan Realisasi pencairan Dana Desa (DD) tahap dua di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sudah dicairkan. Terbaru, hingga oktober ini pencairan ke dua di tahun 2021 sudah di transfer ke rekening masing-masing desa.

Kepada Media ini saat ditemui di Kantor PMD Mitra, Kamis (7/10/21), Kadis PMD ini menjelaskan dari data yang ada, 135 desa sudah menyelesaikan administrasi pertanggungjawaban tahap satu, ada yang sudah mencairkan dananya, dan ada juga yang sudah sementara melakukan pengerjaan fisik.

“Diketahui untuk pencairan dana desa tahap dua sudah 100 persen, saat ini dana tersebut sudah di rekening desa,” terang Mokonsolang.

Menurutnya, sesuai pantauan dinas di lapangan, sudah ada beberapa desa yang telah memulai pengerjaan fisik.

Guna memacu percepatan kepengurusan pengajuan tahap tiga, dia mengimbau kepada seluruh pemerintah desa (pemdes) agar pekerjaan fisik boleh diselesaikan hingga Oktober akhir.

“Saya berharap bagi seluruh Hukum Tua (kepala desa), agar pengerjaan fisik boleh menjadi perhatian hingga batas yang ditentukan, agar September nanti sudah bisa mengurus tahap ketiganya, Pintanya.

Diapun meminta agar Hukum Tua yang tidak menyelesaikan pekerjaannya agar mempercepat proses pengerjaannya, agar tidak menghambat proses pencairan di tahap tiga.

“Jadi diingatkan lagi, untuk Pertanggung jawaban tahap satu dan dua jangan jadi penghalang atau kendala, apalagi dimasa transisi terjadi pergantian Hukum Tua, jadi sebaiknya dilaksanakan dan diselesaikan administrasinya agar semua berjalan lancar,” tandasnya.

Penulis: Herie Soriton

Editor: Lefrando Gosal