Pencurian Marak di Wilayah Perkebunan Kotabunan, Aparat Hukum Diminta Bertindak

152

MANGUNINEWS.COM, Kotabunan – Masyarakat di Kecamatan Kotabuanan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kian resah. Apalagi para petani. Pencurian di wilayah perkebunan jadi pemicu. Sejumlah petani mengaku menjadi korban.

Seperti yang terjadi di Desa Bulawan, Kecamatan Kotabunan. Alat mesin pertanian milik Junaidi Damopolii, raib digasak maling. “Diding pe mesin paras, garam, sampe kopi deng gula dorang ambe. Kalu di kobong Bakan, mesin paras, tengki semprot rumput deng genset dorang ambe,” kata Fajri Goni.

Nada yang sama dituturkan Dewan Paputungan. Pengalaman serupa dialami orang tuanya namun masih sedikit beruntung. “Di kebun bapak saya, mereka (pencuri, red) masuk tapi belum sempat mengambil barang-barang karena ada empat ekor anjing di kebun. Namun anjing yang menjadi korban. Mereka beri racun dan dimakanannya. Untung bapak saya melihat anjing itu kemudian langsung dikasih minum santan dan gula merah sehingga anjing selamat,” ujar Dewan, Rabu (29/1).

Menurutnya, aksi pencurian sudah sering terjadi dan itu dilakukan setiap hari Jumat. “Mereka melaksanakan aksi pencurian pada hari Jumat, karena pada hari itu petani banyak yang turun ke kampung,” ungkapnya.

Dia pun meminta pihak berwajib untuk melakukan patroli pada setiap hari Jumat, di wilayah perkebunan. “Sebab biasanya pencuri beroperasi di hari-hari tersebut dan ini sudah sangat meresahkan,” pintanya.

Keresahan serupa dirasakan Hendi Potabuga, warga Bulawan Satu. Dia berharap pihak kepolisian melakukan partroli di wilayah perkebunan Desa Kotabuan dan Bulawan agar petani tidak lagi resah.

“Saya berharap pihak kepolisian melakukan patroli. Kalau selalu diadakan patroli, saya rasa mereka (pencuri, red) akan takut. Sekarang pencuri di wilayah perkebunan sudah merajalela. Kalau tidak diantisipasi, petani yang akan susah,” pungkasnya. (Gazali Ligawa)