Penyaluran BLT-DD Tahap 2 Tertunda, BPD Tonsa Klarifikasi ke DPMD

MANGUNINEWS.COM, Tumpaan – Tertundanya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap dua, membuat Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tondei Satu (Tonsa) menyambangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Minahasa Selatan (Minsel), untuk mengklarifikasi halangan tersebut, Kamis (18/6).

Maksud BPD ini disambut baik oleh Sekretaris Dinas PMD Minsel, Altin Sualang, STTP, MPA. Ia menjelaskan jika halangan tersebut dikarenakan ada masalah teknis dengan penyaluran dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

“Kami dari dinas PMD terus berkoordinasi dengan pemerintah desa, BPD dan kecamatan untuk penyaluran di bulan kedua, yang rencananya disalurkan minggu ini. Tapi karena ada kendala teknis terkait dengan penyaluran dari KPPN atau Kementerian Keuangan, sehingga pelaksanaannya ditunda,” ungkap Sualang saat diwawancarai.

Tertundanya penyaluran itu tentunya menghalangi kedatangan Bupati Minsel, Dr. Christiany Paruntu ke Tonsa. Diketahui, rencananya penyaluran BLT-DD tahap 2 di Tonsa, akan disalurkan oleh Paruntu.

“Terkait hal itu, kerinduan masyarakat untuk menghadirkan bupati akan terus kami upayakan. Jika memang berkenan, jadwal yang diberikan bertepatan dengan waktu dari Ibu Bupati, kita akan upayakan minggu ini,” ujar Sualang.

Ia melanjutkan, “Namun jika memang belum bisa terealisasikan minggu ini, kita akan berupaya untuk berkoordinasi. Kemungkinan untuk kehadiran Bupati akan di jadwalkan kembali pada penyaluran bulan yang ketiga.”

Hanly Mogogibung, Ketua BPD Tonsa berharap agar masyarakat Tonsa bersabar untuk penyaluran BLT-DD ini. Undangan ke bupati akan disesuaikan.

“Masyarakat bersabar untuk pencairan. Untuk undangan ke bupati nanti akan menyesuaikan, ketika nanti pencairan di bulan kedua ini. Kalau belum bisa, akan diupayakan di bulan ketiga,” tutup Mogogibung.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Hanly Mogogibung, Ricky Manese, Elly N. Wongkar, Swadi Sual dan Yanli Sengkey. Masing-masing sebagai utusan BPD dan masyarakat Desa Tondei Satu. (Ferlandi Wongkar)