Pergantian Penerima BLT-DD, BPD Tondei Dua Gelar Musdesus

MANGUNINEWS.COM, Motoling Barat – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tondei Dua (T2) gelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus). Difasilitasi Pemerintah Desa (Pemdes), membahas pergantian penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) periode kedua. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) T2, Rabu (24/6).

Munculnya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, jadi pemicu kegiatan ini.

Harry Rawung, S.Pd., Ketua BPD T2 angkat suara. Saat diwawancarai, ia menjelaskan jika perubahan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BLT-DD terpantik oleh Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2020.

“Musdesus ini torang selenggarakan kembali karena adanya Permen nomor 7 perubahan kedua atas Permen nomor 11, 2019, dimana dimungkinkan untuk perubahan daftar penerima KPM atau keluarga penerima manfaat,” ungkapnya.

Lanjut Rawung saat diwawancarai, “Dalam undang-undang yang ada ini, undang-undang nomor 7, pada poin D nomor 5 dinyatakan bahwa keluarga penerima manfaat atau KPM BLT Dana Desa sebagaimana diatur pada poin 3, mengikuti data KPM sebelumnya kecuali diubah melalui musyawarah khusus.”

Masyarakat yang turut hadir, Ridel Sual mengungkapkan rasa kecewanya dengan pembagian BLT-DD T2. Sehingga Musdesus ini sempat memanas. Namun bulan 4, 5, dan 6, mereka akan tercover BLT-DD.

“Memang pada awal, pada saat pembagian BLT, kami sangat kecewa. Tapi saat ini kami sudah memutuskan, masyarakat yang belum menyentuh BLT akan menerima bantuan pada 3 bulan ke depan,” tutur Sual.

Sual juga kecewa dengan kinerja BPD yang menurutnya lalai dalam menampung aspirasi masyarakat. Namun kekecewaan itu akhirnya berubah rasa terima kasih yang diarahkan untuk BPD dan Pemdes.

“Jujur, pada awalnya kami sangat kecewa kepada BPD. Karena pada saat pengeluhan masyarakat, sering kali ada kelalaian dari BPD. Tapi malam ini kami sudah menegur mereka dan mereka berjanji untuk membuat lebih baik lagi untuk masyarakat. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Hukum Tua (Kepala Desa, red) Tondei Dua dan BPD,” ujar Sual saat diwawancarai.

Harold Mantik, S.Kom., Hukum Tua T2 berharap agar bantuan ini digunakan sebaik-baiknya.

“Kalu dari pemerintah desa, harapannya bantuan yang diberikan digunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pokok,” harap Mantik.

Diketahui, kurang lebih 90-an nama penerima manfaat BLT untuk bulan ke 4, 5 dan 6 telah ditetapkan. Musdesus ini dihadiri oleh Pemdes, BPD dan perwakilan masyarakat T2. (Ferlandi Wongkar)