Peringati HUT Kanonang, IPKAN Ziarah Kultural

MANGUNINEWS.COM, Kawangkoan – Ikatan Pemuda Kanonang (IPKAN) melakukan ziarah kultural di situs Watu Tumotowa Kanonang, tepatnya di Desa Kanonang Satu, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, Minggu (5/7) pagi.

Ziarah dilakukan untuk memperingati hari lahir Wanua Kanonang yang jatuh setiap tanggal 5 Juli.

“Ziarah kultural yang kami lakukan ini untuk memperingati ulang tahun Kanonang, yang tepat hari ini menginjak 617 tahun. Kita datang ke situs Watu Tumowota agar dapat berefleksi untuk menjaga Kanonang pada jalur yang diinginkan leluhur, orang tua kita, dan Amang Kasuruan Wangko,” ujar Ketua IPKAN, Triputri Poli.

Dari pantauan, giat kali ini tidak semeriah dengan perayaan ulang tahun pada umumnya, karena mempertimbangkan instruksi pemerintah yang menganjurkan untuk menaati protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kesakralan ziarah kultural, Poli dalam sambutannya, menekankan IPKAN sebagai organisasi kepemudaan harus terus menjadi api semangat dalam membangun Kanonang.

“IPKAN sebagai organisasi yang melingkupi seluruh tanah persemakmuran Kanonang, harus terus menjadi api semangat dalam membangun abad dan adab generasi terkini Kanonang,” tegas gadis cantik yang sementara menimbah ilmu di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Poli juga menambahkan, dalam masa pandemi ini harus mengambil hikmat untuk kemajuan bersama Wanua Kanonang.

“Pandemi Covid-19, meski meruntuhkan tatanan berkebudayaan yang telah dilakukan oleh orang Kanonang, tapi ada hikmat dan pelajaran yang harus kita lihat dan petik darinya. Contohnya, kita semakin giat dalam membangun kemandirian pangan dan sadar akan arti kesehatan. Bila kita semua mengambil hikmah positif ini, saya yakin Wanua Kanonang dalam jalur yang sudah benar,” jelas wanita yang menjabat ketua IPKAN sejak Mei lalu.

Ziarah kultural yang digagas IPKAN ini juga dihadiri oleh Hukum Tua Desa Kanonang Satu, Lucky Kasenda, S.E., tokoh adat Kanonang yang juga ‘juru kunci’ Watu Tumotowa, Opa Arie Pantouw. (Anugrah Pandey)