Persiapan Paskibraka Tomohon Sudah 75 Persen

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Semangat para calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) Tomohon terpancar kala melewati sejumlah tahapan pembinaan dan pelatihan. Itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tomohon, Drs. Ventje Karundeng ketika memantau langsung pelatihan calon paskibraka Tomohon di Stadion Babe Palar belum lama ini.

“Saya melihat meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, semangat para taruna ini tetap ada. Tentunya apresiasi patut mereka dapatkan sampai pada pelaksanaan hari puncak 17 Agustus 2021,” ujarnya.

Dikatakan Karundeng, persiapan saat ini lebih pada pemantapan formasi barisan.
“Untuk sekarang memang kita masih dalam tahapan pemantapan formasi yang dilatih oleh pelatih-pelatih berpengalaman serta ada dari unsur TNI Polri,” katanya.

Ia membeberkan, bahwa tahapan selanjutnya akan dilakukan pembinaan ideologi Pancasila.

“Muda-mudi ini kemudian akan ditempa pembinaan ideologi Pancasila, dalam rangka penguatan rasa cinta tanah air dan jiwa patriotisme,” ungkap Karundeng.

Baru seperti biasa sebelum hari pelaksanaan, para calon paskibraka ini akan dikarantina selama 2 minggu.

“Mengingat juga ini masih pandemi, maka mereka tidak dizinkan untuk kembali di rumah saat menjalani karantina. Kalaupun memang ada keperluan-keperluan dalam kaitannya dengan keluarga, itu keluarga hanya mengantar saja dan tidak bertemu langsung dengan para peserta,” jelasnya.

Dirinya pula mengungkapkan, bahwa sebelum mengikuti beberapa tahapan pelatihan, para calon paskibraka ini sudah divaksin.

“Menyangkut prokes juga, mereka ini sudah divaksin sebelum masuk pada pemantapan formasi barisan. Demikian pula setelah mereka akan nantinya mengikuti karantina, akan di rapid antigen,” terangnya.

Terlepas dari menunggunya petunjuk dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI apabila ada perubahan, ia menegaskan pihaknya telah siap sedia dalam mempersiapkan para calon paskibraka sebelum hari pelaksanaannya.

“Memang kami selalu stand by apabila tiba-tiba ada perubahan dari pusat. Tapi kami telah menyiapkan tim untuk melaksanakan pembinaan dan pelatihan. Maka, untuk persiapan di kota Tomohon boleh dikata sudah mencapai 75 persen,” ungkapnya.

“Bahkan atribut yang akan mereka gunakan itu sudah selesai. Termasuk untuk barisan-barisan pendukung dan untuk TNI Polri juga sudah sementara disiapkan atribut untuk dipakai pada saat pelaksanaan,” tandas Karundeng.

Penulis: Anugrah Pandey