Pertanian, Perikanan dan Pariwisata Jadi Fokus Pemkab Minahasa dalam RKPD 2022

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa tahun 2022 akan fokus meningkatkan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata. Hal ini disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 di Moy Convention Center Tondano, Rabu (31/3).

Musrenbang yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Minahasa ini mengangkat tema ‘Pemantapan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata untuk mendukung pemerataan pembangunan wilayah.’

Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si., (ROR) dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Musrenbang ini dilaksanakan sebagai salah satu tahapan guna menyusun RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2022, yang merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023, dan penyusunan berjalan bersamaan dengan penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Minahasa dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019.

“Musrenbang ini menjadi momentum penting dan strategis bagi pembangunan Kabupaten Minahasa untuk tahun 2022 dan RKPD ini menjadi acuan penyusunan APBD tahun 2022,” kata ROR sebelum membuka Musrenbang.

Menurut ROR, dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menghasilkan output berupa kesepakatan tentang rumusan sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD, serta sebagai bahan masukan dalam menyelaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan nasional tahun 2022.

“Mengingat penting dan strategisnya kegiatan ini, oleh karena itu besar harapan kami melalui Musrenbang ini diperoleh sinergitas pemerintah daerah dengan masyarakat dan swasta serta stakeholder terkait, untuk mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan sejahtera,” ungkap ROR.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Minahasa Philips Gerald Siwi, S.E., melalui Kepala Bidang Maxie Korengkeng menyampaikan, Musrenbang ini bertujuan untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari stakeholders dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD 2022, selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan KUA/PPAS dan RAPBD Kabupaten Minahasa tahun 2022.

Ditambahkannya, dasar hukum pelaksanaan Musrenbang RKPD 2021 ini adalah Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan perda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Diketahui sebelumnya telah dilaksanakan beberapa tahapan penyusunan RKPD tahun 2022 di antaranya Musrenbang Desa yang dilaksanakan bulan Oktober sampai Desember 2020 dan Musrenbang Kelurahan dilaksanakan 20-28 Januari 2021 bertempat di desa dan kelurahan se-kabupaten Minahasa.

Selanjutnya, Orientasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dilaksanakan pada 20 Januari 2021 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa. Dilanjutkan dengan Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada 17-26 Februari 2021 bertempat di Kecamatan se-kabupaten Minahasa.

Kemudian dilaksanakan Forum Konsultasi Publik pada 15 Februari 2021 bertempat di BPU Tondano dan Forum Perangkat Daerah dilaksanakan pada 25 sampai dengan 26 Maret 2021 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa.

“Adapun tahapan ini telah melalui proses dalam Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sebagaimana amanat Permendagri 70 Tahun 2019 tentang SIPD yang prosesnya dimulai dengan pengusulan program dan kegiatan secara online, dalam aplikasi oleh pemerintah desa langsung ke perangkat daerah teknis melalui verifikasi Bappelitbangda dan kecamatan serta pengusulan oleh anggota DPRD Kabupaten Minahasa,” pungkas Korengkeng.

Penulis: Lefrando A. Gosal
Editor: Anugrah Pandey