Picu Kerumunan, Satgas Covid-19 Panggil Akper Bethesda Tomohon

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Buntut dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) lewat acara wisuda yang digelar oleh Akademi Keperawatan (Akper) Bethesda Tomohon di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI), Kamis (14/10/2021) ditindaklanjuti Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Tomohon.

Demikian dikatakan Koordinator Penindakan Satgas Covid-19 Tomohon, Syske Wongkar kepada media ini. Ia mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait dugaan pelanggaran prokes saat kegiatan Wisuda Akper Bethesda Tomohon.

“Saat kami menerima laporan, saya langsung berkoordinasi dengan Asisten 1 dan akan kami klarifikasi. Kami pun segera melayangkan surat panggilan kepada pihak panitia penyelenggara terkait kejadian tersebut,” ujarnya.

Kasat Pol PP Tomohon itu pula mengakui, bahwa pihaknya tidak menerima pemberitahuan soal pelaksanaan acara ini. “Tidak ada pemberitahuan,” ungkapnya.

Wongkar menegaskan, jika terbukti melanggar, maka pihak Akper Bethesda Tomohon berpeluang diterapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2021 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum prokes dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Bukti-bukti dokumentasi sudah ada di pihak kami dan akan dilakukan pemanggilan ke pihak penyelenggara acara. Jika terbukti melanggar, mereka akan diterapkan dengan Perda Nomor 1 Tahun 2021,” tegasnya.

Diketahui, acara wisuda tersebut sebelumnya dilaksanakan dengan menerapkan prokes yang ketat di dalam gedung Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon, dan dihadiri oleh Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk, S.H.

Namun setelah Wali Kota beserta jajaran meninggalkan tempat kegiatan, tiba-tiba suasana berubah hingga memicu kerumunan.

Bahkan sebelumnya dari pantauan media ini, kerumunan sudah mulai terjadi d luar gedung saat acara ini berlangsung, sampai pada akhirnya intensitas kerumunan terjadi ketika orang tua, sanak saudara dan teman-teman daripada wisudawan dan wisudawati masuk dalam gedung ABI, yang diketahui tidak diizinkan oleh pihak penyelenggara karena alasan prokes Covid-19.

Penulis: Anugrah Pandey