Pilkada Minsel, Mahasiswa Wawona Minta Perhatian Untuk Pendidikan

Vena T. M. Tambuwun

MANGUNINEWS.COM, Tatapaan – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel), akan digelar serentak dengan daerah-daerah lain pada tanggal 9 Desember 2020. Hal itu memantik salah satu pemikir muda di desa Wawona, Kecamatan Tatapaan, angkat suara, Senin (5/10).

Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi, Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Vena T. M. Tambuwun berharap agar siapapun yang terpilih nanti, bisa memperhatikan desanya di berbagai aspek, terutama bidang pendidikan.

“Sebagai mahasiswa aktif di salah satu jurusan politik, tentu saya sangat mengharapkan bagi calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang akan terpilih nanti agar dapat memperhatikan desa Wawona dalam berbagai aspek. Paling dominan adalah pendidikan,” ucap mahasiswa semester 5 ini.

Di tengah pandemi Covid-19, baik siswa maupun mahasiswa, hanya mengikuti proses belajar daring. Sementara, desa Wawona terkendala dengan tidak adanya tower sehingga jaringan pun sulit.

Masalah itu memaksa mereka untuk berjalan kaki sekira 1 kilo meter menuju batas perkampungan demi mencari signal. Karena itu, Tambuwun mengaku sangat merindukan perhatian khusus dari pemerintah.

“Di masa pandemi ini, mahasiswa dan siswa diwajibkan untuk belajar dari rumuh atau daring. Sementara kami tidak punya akses internet. Untuk itu kami berharap perhatian dari pemerintah dalam pembangunan tower di desa Wawona, demi terwujudnya cita-cita anak bangsa,” harap perempuan kelahiran Wawona, 12 Agustus 1999 ini.

Ia memohon agar bupati dan wakil bupati yang nantinya terpilih agar mewujudnyatakan visi dan misi mereka. Mewakili kaum milenial desa Wawona, Tambuwun menegaskan jika mereka membutuhkan bukti, bukan sekedar janji.

“Dari sudut pandang politik, saya sangat bermohon kepada bupati dan wakil bupati nanti untuk dapat mewujudkan visi dan misi yang dikumandangkan pada saat kampanye. Karena kami butuh bukti dan bukan sekedar janji,” tegas Tambuwun.

Diketahui, tiga pasangan Cabup dan Cawabup Minsel yang kini maju bertarung, nomor urut 1, dr. Michaela E. Paruntu, MARS., dan Ventje Tuela, S.Sos., (MEP-VT), nomor urut 2, Royke Sondakh, S.E., dan Ir. Andry H. Umboh, M.Si., (ROSO-HARUM), nomor urut 3, Franky D. Wongkar, S.H., dan Pdt. Petra Y. Rembang, M.Th., (FDW-PYR). (Ferlandi Wongkar)