PKM FEB Unsrat Gelar Penyuluhan Penguatan Ekonomi Rumah Tangga

MANGUNINEWS.COM, Manado – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Penyuluhan yang dimotori tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada Sabtu (23/05) bertajuk Penguatan Eknonomi Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid-19.

Penyuluhan yang dihadiri sekitar 35 perwakilan keluarga ini dilaksanakan di Lingkungan I Kelurahan Sario Kotabaru, Manado dengan tim pengabdian yang diketuai oleh Victorina Tirayoh, S.E., MM.Ak., dan Diana Lintong, S.E., MSA., Ak., sebagai anggota.

Dalam penyuluhannya, Victorina Tirayoh menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah berdampak pada krisis ekonomi global. Dampak sosial-ekonomi yang mulai dirasakan masyarakat, termasuk yang ada di Kota Manado, seperti kehilangan sumber pendapatan, penurunan daya beli, serta terganggunya aktivitas usaha sehingga berpotensi kebangkrutan menjadi permasalahan yang harus segera dicermati dan dicarikan solusinya.

“Beberapa ahli memprediksi krisis global ini akan berakhir pada bulan April 2021 dan selang tahun 2021-2023 adalah masa pemulihan. Untuk itu masyarakat tidak boleh apatis dan terus bergantung pada bantuan pemerintah. Masyarakat diharapkan pertama harus bijak untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru di era new normal saat ini seperti wajib menggunakan masker jika keluar rumah, rajin mencuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan orang banyak, serta jaga kesehatan dan tetap berdoa, dan kedua adalah harus bangkit dan berpikir cerdas untuk menangkap peluang usaha yang dapat mendukung perekonomian keluarga”, ungkap Tirayoh.

Selesai materi, Tim PKM Unsrat berbagi pengetahuan yang dapat menjadi solusi penguatan ekonomi rumah tangga di masa pandemi Covid-19, antara lain pemanfaatan dan strategi pemasaran/penjualan produk rumah tangga dengan menggunakan media online. Selain itu, masyarakat juga diingatkan agar mengatur belanja rumah tangga secara bijak, serta memanfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin sebagai dapur hidup dengan menanam sayuran, rempah-rempah, dan tanaman bermanfaat lainnya.

Selesai acara penyuluhan, Tim PKM Unsrat memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang untuk meringankan beban pengeluaran rumah tangga di masa pandemi Covid-19.

Mewakili pemerintah setempat, Arnold Matialu, S.H., memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim PKM FEB Unsrat atas kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan dan bansos paket sembako yang telah dilaksanakan.

“Kerja sinergis dari Tim PKM FEB Unsrat bersama pemerintah setempat dan pelsus kolom 5 GMIM Bethesda Manado telah memberikan motivasi dan semangat bagi masyarakat yang hadir dalam menghadapi masa-masa sulit saat ini,” ujar Matialu yang akrab disapa masyarakat dengan Pala’ Ano.

Masyarakat yang hadir juga memberikan apresiasi, “materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami sebagai pedagang kecil dan usaha rumah makan di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap seorang peserta yang hadir.

Turut hadir dan mempersiapkan acara ini mitra Tim PKM Unsrat yaitu Kepala Lingkungan I Sario Kotabaru Manado, Arnold Matialu, S.H., dan Pelayan Khusus (Pelsus) Kolom 5 GMIM Bethesda Manado Syamas Marta Tumangken-Rimper,S.E., serta dosen senior FEB Unsrat Dr. Jenny Morasa, S.E., M.Si. Ak., dan Dr. Gerald Tamuntuan, M.Si., dari FMIPA Unsrat. (Rivo Gosal)