Polres Tomohon Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Samrat 2020

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kepolisian Resor (Polres) Tomohon Gelar Apel Pasukan  ‘Operasi Lilin Samrat 2020’. Apel yang dipimpin Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dan Ipda Boy Tulandi sebagai Komandan Upacara itu, dilaksanakan di lapangan Polres Tomohon, Senin (21/12).

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini disampaikan penekanan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis. M.Si. Seluruh pasukan diminta siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan. Niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

“Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021,” kata Wali Kota Jimmy Eman, mengutip sambutan Kapolri.

Personil Kepolisian juga diminta laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

“Laksanakan penegakkan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas,” tandas Kapolri.

“Mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” tegas Kapolri.

Turut Hadir dalam pelaksanaan kegiatan, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, S.I.K., M.H., Kajari Tomohon Immanuel Richendry Hot, S.H., M.H., mewakili Dandim 1302 Minahasa Pasi Ops Kapten Inf. Ramli Hamanja, mewakili DPRD Kota Tomohon Kabag Persidangan Sigie Pungus, Wakapolres Tomohon Kompol Agnes Turambi, S.E., Plh. Sekkot Tomohon DR. Juliana Dolfin Karwur, M.Kes., M.Si., Kabag Res Tomohon, Kapolsek jajaran Res Tomohon, Kasat Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Meyske Wowor, S.Pd., dan Kaban BPBD Drs. Robby Kalangi, S.H., M.M.

Apel ini diikuti juga Tentara Nasional Indonesia (TNI), perwira Polres Tomohon, gabungan staf Polres Tomohon, gabungan personil Polsek, Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Pol-PP, BPBD Kota Tomohon, Damkar, Linmas, dan Manguni lovers. (Denny Pongayow)