PPS dan Pantarlih di Tomohon Selatan Laksanakan Verfak dan Coklit

Tomohon – Berdasarkan tahapan dan jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tomohon Selatan, gelar Verifikasi Faktual (Verfak), pada pendukung yang memenuhi syarat administrasi sebagai dukungan bakal calon perseorangan. Agenda itu dilaksanakan di Kelurahan Pinaras, Rabu (26/06/2024)

Bersamaan dengan itu, mereka juga melakukan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih (Coklit) melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Ketua PPK Tomohon Selatan, Leontius Montolalu, mengatakan saat ini sudah memasuki hari ke enam dalam melaksanaan verifikasi faktual dan juga telah melaksanakan coklit pada hari ke tiga .

”Saat ini hari ke enam pelaksanaan verifikasi faktual dan hari ke tiga coklit, berjalan baik dan lancar sesuai tahapan,” ucap Montolalu, saat turun lapangan memonitoring.

“Semua harus berjalan sesuai tahapan, dan kami sebagai PPK selalu memonitoring langsung kegiatan di lapangan, sehingga semua bisa terkontrol dengan baik,” sambungnya.

Kata Montolalu, meskipun cuaca saat ini kurang bersahabat, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Pantarlih tetap melaksanakan tugasnya.

“Tadi memang cuaca agak tidak mendukung, karena hujan. Tapi teman-teman PPS dan Pantarlih tetap melaksanakan verfak dan coklit, dengan tetap mengedepankan keselamatan kerja,” kata Montolalu.

Ia menjelaskan, PPK Tomohon Selatan, selalu berkoordinasi dengan stakeholder di kecamatan dalam melaksanakan tahapan di lapangan.

”Kami juga selalu berkoordinasi terus dengan pimpinan komisioner KPU Kota Tomohon, dengan Panwascam dan PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) dalam pelaksanaan di lapangan” ungkapnya.

Montolalu menegaskan, suksesnya Pilkada Kota Tomohon tahun 2024 perlu sinergitas antar stakeholder dan seluruh masyarakat.

”Suksesnya Pilkada Kota Tomohon tahun dua ribu dua puluh empat, tentunya perlu sinergitas semua stakeholder yang ada. Tterlebih masyarakat kota Tomohon yang ada di Kecamatan Tomohon Selatan,” tegas Montolalu.

Sebulan berjalan ini, PPS dan Pantarlih laksanakan amanat undang-undang. Ia mengimbau, masyarakat jangan takut atau kaget karena akan di-verfak dan Coklit.

”Jangan kaget atau jangan takut untuk kehadiran pantarlih dan PPS di rumah masyarakat, karena mereka melaksanakan amanat undang-undang,” tandasnya. (Reinhard Loris)