PPS Lanjutkan Pemutakhiran Hasil Coklit

195
Stenly Jerry Kowaas

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, Kamis (13/8), resmi berakhir. Selanjutnya akan dilakukan tahapan pemutakhiran hasil coklit oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Hal itu diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Stenly Kowaas, di ruang kerjanya.

“PPS akan melakukan pemutakhiran untuk hasil coklit, kalau tidak salah sampai tanggal 7 September,” ujar Kowaas.

Ia menjelaskan, rekapan untuk menghasilkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), dilakukan berjenjang dari tingkat kecamatan sampai kota.

“Tingkatannya dari PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), baru hasil PPDP dikumpulkan ke PPS, lalu PPS melakukan pemutakhiran data untuk menghasilkan DPS. Setelah itu rekapannya berjenjang dari DPS tingkat kecamatan sampai DPS tingkat kota,” kata Kowaas.

Kemudian, setelah DPS ditetapkan oleh KPU, tahapan selanjutnya adalah proses uji publik.

“Setelah DPS kita tetapkan atau plenokan, baru kita uji publik. Dalam proses ini, kita akan menerima masukan dari masyarakat,” lanjutnya.

Kowaas menambahkan, jika masih ada warga yang belum masuk saat coklit, atau sudah meninggal tapi terdaftar, bisa melapor ke PPS atau KPU langsung.

“Atau misalnya TNI atau Polri yang sudah pensiun dan sudah punya hak pilih, tapi mungkin waktu coklit mereka masih aktif dan baru setelah coklit mereka sudah pensiun, boleh masuk dalam daftar pemilih,” kunci Kowaas. (Anugrah Pandey)