Program Pendidikan Profesi Arsitektur Siap Hadir di ITM

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Institut Teknologi Minaesa (ITM) Tomohon persiapkan Program Pendidikan Profesi Arsitek (PP Ars). Tujuannya untuk menghasilkan arsitek profesional yang memiliki sertifikat di Sulawesi Utara (Sulut).

Informasi tersebut disampaikan Ars. Ir. Derby Rex Pattymahu, M.Ars., IAI., usai kegiatan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara ITM Tomohon dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), di Tomohon, Rabu (17/5/2023).

Penandatanganan MoA antar pihak ITM dengan IAI.
Penandatanganan MoA antar pihak ITM dengan IAI.

“Arsitek yang profesional itu bisa diakui ketika dia tersertifikasi. Mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi, dia belum bisa disebut arsitek. Dia masih sarjana teknik,” sebut Pattymahu yang juga ketua panitia kegiatan tersebut.

Proses untuk menjadi seorang arsitek yang profesional dijelaskannya tidaklah sulit. Program PP Ars yang nantinya akan dibuka, mahasiswa yang telah selesai studi strata 1 (S1) hanya menambah dua semester lagi untuk mendapatkan sertifikat.

“Dalam PP Ars ini mahasiswa akan diajarkan bagaimana jadi arsitek, bagaimana kode etik arsitek dan konsultan yang profesional,” ujar Pattymahu.

ITM sendiri menurutnya adalah yang pertama di Sulut, yang mempersiapkan PP Ars ini. Ia pun menegaskan, optimis tahun depan program itu sudah dibuka.

“Optimis tahun depan dibuka. Kami sudah ada kesepakatan dengan IAI Nasional maupun Sulut. Kami tinggal menyiapkan penunjang-penunjangnya,” tutur Pattymahu.

Diakui, ketika PP Ars berjalan, ITM Tomohon akan membuka ruang besar bagi mahasiswa dari luar yang ingin menjadi arsitek bersertifikasi. (*)