Proses Rekrutmen Panwas Desa di Remboken Dipastikan Transparan

70

MANGUNINEWS.COM, Remboken – Tahapan rekrutmen penerimaan calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di tingkat desa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020 telah resmi dibuka. Langkah antisipasi terhadap potensi kecurangan pun dilakukan Panwas Kecamatan (Panwascam) Remboken.

Hal itu disampaikan Ketua Panwascam Remboken, Yohanis A lintang. Kepada awak media, Lintang mengatakan, sebelum diadakan tes wawancara, pihaknya sudah mengeluarkan edaran pengumuman terkait perekrutan Panwas Desa dengan melakukan pemasangan berbagai brosur tahapan di 11 balai desa.

“Panwaslu dan Sekretariat Kecamatan telah mempublikasikan tahapan rekrutmen lewat stempel dan postingan media sosial. Saat ini tinggal menunggu kesiapan para pendaftar,” ujar Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Panwascam Remboken, Senin (17/2).

Ia memastikan, rekrutmen Panwas Desa di Kecamatan Remboken telah dibuka secara transparan dan dilakukan sesuai mekanisme.

“Masyarakat mesti mengetahui bahwa Panwas Desa yang terpilih nanti harus berkompeten dan memiliki integritas yang profesional,” tegas Lintang didampingi anggota Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga (PHH) Steven Koagouw.

Hal senada diungkapkan anggota Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Olga Grace Pakasi. Ia berharap, calon Panwas Desa yang mengikuti rekrutmen nanti adalah orang-orang yang siap bekerja penuh waktu, selalu menjaga keakuratan informasi internal, dan jujur dalam pengawasan.

“Yang terpilih nanti harus menjaga netralitas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, dan memiliki kemampuan serta keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu,”ucap Pakasi.

Ia juga membeberkan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai Panwas Desa.

“Untuk persyaratan calon Panwas Desa adalah mereka yang sudah berusia 25 tahun ke atas atau yang sudah pernah memberikan hak suara dalam maksud sudah mengetahui benar terkait kepemiluan,” terangnya.

Diketahui, proses perekrutan Panwas Desa untuk tahapan pengumuman pendaftaran 10-16 Februari, pendaftaran dan penerimaan berkas 16-22 Februari, penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi 16-22 Februari, pemeriksaan keabsahan dan legalitas 16-22 Februari, pelaksanaan tes wawancara 16-22 Februari, pengumuman hasil seleksi administrasi dan tes wawancara 25-27 Februari.

Kemudian, perpanjangan pendaftaran 27 Februari- 4 Maret, penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi pada masa perpanjangan pendaftaran 27 Februari – 4 Maret, pemeriksaan keabsahan dan legalitas pada masa perpanjangan 27 Februari – 4 Maret, pelaksanaan tes wawancara pada masa perpanjangan pendaftaran 27 Februari – 4 Maret.

Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi dan wawancara pada perpanjangan pendaftaran 4-5 Maret, tanggapan masyarakat dan klarifikasi atas tanggapan dan masukan dari masyarakat 6-10 Maret, pengumunan Panwaslu Kelurahan/Desa Terpilih 12 Maret, Pelantikan 13-20 Maret. (Kharisma)