Proyek Fisik DD Tahap Tiga Harus Tuntas Januari

168
Uyun Pangalima

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan Pekerjaan fisik yang dianggarkan lewat Dana Desa (DD) Tahun 2019 tahap tiga harus segera rampung di akhir bulan Januari ini. Penegasan itu dilontarkan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Uyun K Pangalima, Rabu (22/1).

“Pekerjaan fisik di tahap tiga harus segera rampung bulan ini. Akhir Januari semua pekerjaan fisik sudah selesai. Kalau tidak, ada sanksinya berupa pemeriksaan kepada tim pelaksana kegiatan dan pengguna anggaran yaitu Sangadi, kenapa harus mengalami kegagalan,” kata Uyun saat bersua dengan media ini.

“Ke depan tidak boleh lagi ada pekerjaan fisik tahap tiga karena tahap tiga itu sudah masuk evaluasi fisik dan kegiatan lain,” ungkapnya.

Apabila akhir bulan ini pekerjaan fisik belum selesai, Pangalima menegaskan proyek akan diberhentikan.

“Kita akan lihat sampai akhir bulan Januari ini. Kalau pekerjaannya kurang 25 persen, boleh dilanjutkan dengan waktu ditentukan. Tapi kalau pekerjaan fisik itu baru mencapai 75 persen, proyek itu akan diberhentikan,” tandasnya.

Ia menambahkan, terkait pekerjaan fisik tersebut, waktu yang ditentukan sudah masuk di tahun anggaran. “Pekerjaan memakan konsep 90 hari kalender. Itu sudah masuk tahun anggaran berikutnya. Insyaallah akhir Desember dicairkan maka pekerjaan itu selesai di Maret dan itu sudah masuk di tahun anggaran berikut. Ketika tidak kelar pekerjaan fisik itu di akhir bulan ini, akan masuk silfa,” jelasnya.

“Pekerjaan jembatan di Desa Molobog harus selesai akhir bulan ini. Saya minta pembangunan fisik jembatan di Desa Molobog segera selesai Januari ini. Jika ada yang melihat fisik belum selesai di manapun, laporkan ke Dinas PMD dan kami akan turun langsung,” tegasnya. (tim man)