Puan Maharani Kisahkan Saat Bertemu James Sumendap, Apakah Pertanda 2024?

MANGUNINEWS.COM, Mitra – Ada hal menarik saat dalam penjabaran 3 pilar di Manado, Provinsi Sulawesi Utara baru-baru ini, oleh DR (H.C) S.I.Kom Puan Maharani yang juga sebagai Ketua DPR RI, dimana menyebutkan nama James Sumendap SH, saat menjadi bursa calon Bupati Minahasa Tenggara waktu itu.

Adapun ucapan menarik tersebut diunggah netizien yang merupakan simpatisan partai PDIP. Dimana saat putri tunggal Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri tersebut memberikan arahan bagi para kader PDIP se Sulut, termasuk didalamnya Ketua DPD PDIP Sulut, Olly Dondokambey.

Puan pun mengisahkan waktu pertama kali dirinya datang ke sini (Sulut) bersama pak Olly. Pada waktu itu akan dihelat Pilkada serentak, dan Minahasa Tenggara salah satu menjadi perhatian pemenangan PDIP Sulut.

“Gimana cara rebutnya Minahasa Tenggara, pusing kiri kanan, karena waktu itu saya ketua BP Pemilunya, “cerita Puan.

Kemudian Olly meyakinkan Puan bahwa James bisa dicalonkan pada waktu itu.

“James aja. kata pak Gubernur. Bisa nggak sih, si James? Bisa! Jawab Olly,” kenang Puan sambil menyebut dirinya berteman sudah lama.

Bahkan waktu itu, untuk memastikan apa yang diusulkan Olly Dondokambey meyakinkan. Sumendap kemudian dipanggil menghadap Puan Maharani untuk ditanyakan kembali perihal calon Bupati Minahasa Tenggara.

“Bisa nggak sih? Tanya Puan memastikan lagi. Terus Jawab Olly Bisa!,” setelah JS datang, ditanya Puan lagi. Bisa nggak Sih? Jawab Sumendap bisa! Menang? tanya Puan lagi. menang! tegas Sumendap kala itu,” kenangnya lagi.

Tak sampai disitu, Puan menceritakan lagi, terus James datang lagi ke pak Olly dan meminta bantuan untuk memenangkan dirinya yang akan maju dalam pilkada di Mitra waktu itu.

“Bantu saya ya, karena mbak Puan suruh saya menang,” cerita Puan mengingatkan kisah sang gladiator waktu itu.

Kilas balik cerita yang disebutkan Ketua DPR RI dan putri semata wayang Megawati Soekarno Putri itu membuktikan “saktinya” seorang James Sumendap dalam partai berlambang moncong putih itu. Bahkan sang gladiator mampu membuktikan bahwa dirinya arsitek politik yang handal dan memenangkan banyak kontestasi di Sulut maupun diluar.

Sang gladiator juga membuktikan bahwa ia mampu mengatur partai PDIP yang tak hanya membawa karirnya pernah menjabat Dewan Provinsi Sulut 2 periode. Namun juga JS membuktikan kepiawaiannya dengan menjabat Bupati Mitra dua periode.

Apakah review (kilas balik) mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia itu adalah sinyal bagi James Sumendap, akan diusung calon gubernur 2024 nanti?

Hal ini juga diperkuat dengan sinyal Olly Dondokambey yang menyebutkan JS masuk dalam radar cagub 2024 sat menghadiri Rakercab PDIP di Mitra belum lama ini.

Sementara, Ketua DPC PDIP Mitra yang juga selaku Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap SH, memilih tak berkomentar lebih saat ditanya awak media apakah dirinya maju di perhelatan cagub 2024. Hanya saja Sumendap mengembalikan sepenuhnya kepada pimpinan PDIP.

“Saya serahkan semua kepada Bapak Olly Dondokambey untuk memutuskan,” singkat James Sumendap.

Penulis: Herie Soriton
Editor: Lefrando Gosal