Ratusan Mahasiswa KKN IAKN Manado Diminta Jadi Solusi di Masyarakat

916

MANGUNINEWS.COM, Manado – Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado membekali 195 mahasiswa yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Minahasa, 17 Februari 2020 mendatang. Kegiatan yang dipimpin Rektor IAKN Manado, Jeane M Tulung itu digelar di Auditorium Gedung Kuliah Terpadu Kampus IAKN Manado, Kalasey, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Kamis (06/02).

Tulung dalam sambutannya mengajak mahasiswa peserta KKN untuk menjadi solusi di tengah persoalan masyarakat yang kompleks.

“Kalian harus paham kondisi di masyarakat. Ada banyak masalah yang sangat kompleks. Kadang, masalah a terkait dengan b atau lainnya. Anda harus mampu melihat itu,” terangnya.

Ia meminta, ilmu yang diperoleh selama belajar di IAKN Manado agar diterapkan di tengah masyarakat.

“Kalian di sini sudah didik oleh para dosen dengan berbagai bidang ilmu. Jadi ketika berada di masyarakat kalian harus gunakan berbagai ilmu untuk melihat masalah di masyarakat dan menyelesaikan persoalan, jangan justru menambah masalah,” tukasnya.

“Oleh karena itu maka dalam hal bersikap, bertindak dan menyelesaikan masalah harus merujuk dari ilmu yang anda terima selama di IAKN Manado,” asa Tulung sembari mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa KKN atas pencapaian sehingga bisa tiba di salah satu tahapan menyelesaikan studi strata satu.

“Kita bersyukur bisa berkumpul di hari ini. Kita boleh berkumpul di sini setelah melalui proses yang panjang. Kalian akan menjalankan satu syarat menyelesaikan S1 karena ada syarat lain seperi PPL dan ujian skrispsi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, KKN kali ini merupakan angkatan kedua, pasca Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) bertransformasi menjadi IAKN. Pada tahun sebelumnya KKN dilaksanakan di Manado dan Manokwari Selatan, Papua.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 195 peserta KKN terdiri dari 6 orang Prodi Pastoral dan Konseling Fakultas Teologi, 68 orang Fakultas Teologi dan 112 orang Fakultas Ilmu Pendidikan Agama Kristen. Sementara untuk kegiatan pembekalan ini akan digelar selama 2 hari, 6-7 Februari 2020. (Kharisma Kurama)