Ratusan Personel Polres Tomohon Terima Vaksin Covid-19 Tahap Kedua

MANGUNINEWS.COM, Tomohon –
Vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi seluruh personel dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polres Tomohon, kembali dilaksanakan Rabu (7/4/2021).

Kegiatan penyuntikan vaksin jenis cinovac biofarma tahap kedua ini diselenggarakan di Aula Parama Satwika Polres Tomohon dan diikuti ratusan personel dan ASN Polres Tomohon dan Polsek jajaran.

“Penyuntikan vaksin Covid-19 untuk para personel Polres maupun Polsek jajaran dilakukan bagi yang memenuhi syarat screening tim medis. Mereka diwajibkan mengikuti kegiatan vaksinasi ini,” terang Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, S.I.K., M.H., ketika ditemui di ruang kerjanya.

Terpantau, penanggung jawab kegiatan vaksinasi ini adalah Urusan Kesehatan Polres Tomohon, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tomohon. Debagai koordinator kegiatan, Kabag Sunda Kompol Agustannya L. Nangka, S.H., dari Polres dan Ns. Ellen Timerman, M.Kes., Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Tomohon.

Diketahui pelaksanaan vaksin dibagi menjadi tujuh sesi berdasarkan nomor urut, dalam rangka penerapan protokol kesehatan (Prokes). Mulai dari jam 09.00 Wita – jam 17.00 Wita. Dilakukan oleh Puskesmas Tinoor, Taratara, Pangolombian, Rurukan, Kakaskasen, Matani, dan Puskesmas Lansot. Penerima Vaksin sebanyak 367 personel dan PNS yang terdaftar untuk divaksin.

Kegiatan vaksinasi diawali dengan pendaftaran, mengisi formulir data personel, kemudian mengikuti proses screening dari tim medis. Meliputi tes tekanan darah, suhu tubuh dan riwayat penyakit, setelah itu personel yang dinyatakan memenuhi syarat langsung menerima suntikan vaksin Covid-19.

“Setelah menerima vaksin, para personel diarahkan untuk duduk beristirahat di tempat yang telah ditentukan selama 30 menit, untuk tahapan observasi atau monitoring. Setelah itu, para personel dipersilahkan melanjutkan aktivitasnya,” jelas Paurkes Polres Tomohon, Kompol Agustannya L. Nangka, S.H.

Pelaksanaan vaksin Covid-19 tahap kedua ini diyakinkan mampu meningkatkan imunitas dan perlindungan diri terhadap potensi terpapar virus corona.

“Vaksinasi ini sangat penting, karena akan menunjang kinerja jajaran Polres Tomohon di lapangan yang tentunya banyak berinteraksi dengan masyarakat. Bersyukur kepada Yang Kuasa, sehingga personel dan PNS jajaran Polres dapat melaksanakan vaksin tahap dua hari ini. Kegiatan ini dalam rangka menyukseskan program pemerintah, khususnya program Polri, di mana seluruh personel dan PNS harus divaksin dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Kapolres Tomohon.

“Seluruh personel dan PNS jajaran Polres Tomohon yang terdaftar sebanyak 367 orang, wajib untuk divaksin. Nanti bisa atau tidaknya untuk divaksin, berdasarkan hasil pemeriksaan medis saat pelaksanaan screening oleh para tim medis. Karena ada beberapa kriteria kesehatan, yang menjadi acuan sehingga orang tidak dapat divaksin,” tambah Gatot.

Kapolres pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut divaksin.

“Pada intinya kita ikuti dulu prosedur yang ada, baik dari pendaftaran, screening, penyuntikan vaksin dan observasi. Bisa tidaknya kita untuk vaksin nanti pada saat screening. Dan jika tidak memenuhi syarat, pasti dan saya yakin, pihak medis tidak akan memaksa untuk dilakukan vaksinasi,” ajak Gatot.

“Mari kita saling bahu-membahu, ikuti prokes yang ada, dan jangan lupa selalu berdoa kepada Yang Kuasa, agar pandemi Covid-19 ini cepat berakhir,” tutup Gatot.

Penulis : Denny Pongajow