Refleksi Hari Pahlawan, GMNI Tomohon-Literasi Milenial Bicara ‘Sam Ratulangi’

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Merefleksikan Hari Pahlawan Nasional, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Tomohon bersama Literasi Milenial mengadakan diskusi bersama, dalam konsep ‘Baku Dapa Bacerita’ Spirit Sam Ratulangi Anak Muda Saat Ini.

Diksusi yang dilaksanakan Senin (9/11), bertempat di Wisma Trisakti GMNI Cabang Tomohon ini menghadirkan para narasumber berkompeten yakni, Ivan Kaunang, Rikson Karundeng dan Gizela Kalew.

Ketua GMNI Cabang Tomohon, Leon Wilar mengatakan, tujuan diskusi ini senantiasa mengajak para pemuda, untuk bisa merefleksikan kembali bagaimana semangat Sam Ratulangi dimasa mudanya sudah mempunyai semangat untuk memerdekakan Indonesia, terlebih khusus memerdekaan pola pikir melalui pendidikan.

“Semangat untuk menimbah ilmu Sam Ratulangi juga bisa menjadi batu loncatan pada pemuda masa kini, agar tetap haus akan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Lanjutnya, diskusi ini juga bisa membakar semangat pemuda saat ini, dalam melihat permasalahan sosial dan menjadi agent perubahan dalam lingkup masyarakat.

“Spirit Sam Ratulangi yang mau membebaskan dan memperjuangkan hak-hak rakyat, kiranya bisa juga menjadi semangat pemuda saat ini agar tetap terus berjuang, agar masuk dalam posisi yang strategis untuk memperjuangkan hak rakyat terlebih khusus masyarakat Tomohon,” tandas Wilar.

Sementara, Direktur Eksekutif Literasi Milenial, Dedy Dagomes mengungkapkan diangkatnya tokoh Sam Ratulangi, agar anak muda selalu tahu bahwa dulu kita punya orang tua yang hebat dimata Indonesia bahkan dunia.

“Kita juga dapat mengambil nilai-nilai luhur yang berharga dari perjalanan hidupnya. Apalagi Literasi Milenial punya tagline ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat Si Tou Timou Tumou Tou,” kuncinya.

(Anugrah Pandey)