Respon Realitas Sosial di Manado, Bang Ai: Kesehatan dan Perekonomian Harus Sejalan

MANGUNINEWS.COM, Manado – Pemerintah pusat maupun daerah, dalam tiga bulan terakhir ini konsen mengambil berbagai langkah demi menghadapi Covid-19. Pandemi yang berdampak tak hanya pada faktor kesehatan dan ekonomi semata.

Realitas sosial di Kota Manado akhir-akhir ini, membuat Harley Alfredo Benfica Mangindaan yang populer disapa ‘Bang Ai’, angkat bicara guna menuangkan beberapa pokok pikirannya sebagai masukan kepada publik.

“Kesehatan dan perekonomian harus seiring sejalan, karena ada masalah pada kedua hal tersebut,” katanya, Rabu (3/5).

Bang Ai melanjutkan, hal tersebut punya dampak sosial seperti yang terlihat akhir-akhir ini.

“Sebagai penyumbang terbanyak pasien positif di Sulawesi Utara, warga Kota Manado serta berbagai stakeholder harus membangun kesadaran diri masing-masing agar ke depannya bisa makin baik,” ucapnya.

Doktrol lulusan Universitas Hasanudin itu juga mengingatkan, pelaku usaha kecil menengah harus tetap hidup agar harmoni keseimbangan dalam tatanan masyarakat tetap terjaga.

Ia menarik kesimpulan bahwa kesehatan dan perekonomian sewaktu muncul ketimpangan publik, maka di situlah letak awal dampak sosialnya.

“Namun ada hal yang tak kalah penting, yaitu ‘samua ingin apabila ada pembenahan’ deng ’torang samua basudara’,” tutup Penatua Pria Kaum Bapa, Wilayah Manado Timur 4 itu. (Anugrah Pandey)