ROR-RD Hadiri Apkasi Expo 2021

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) selaku Ketua Bidang Sosial Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) hadir dalam Apkasi Expo 2021 di Istana Bogor, Rabu (20/10).

Kegiatan Apkasi Expo yang dibuka Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Usai pembukaan, Bupati Minahasa meninjau Stand pameran di Jakarta Confention Center (JCC).

Sementara itu, Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) saat itu hadir dan mengikuti acara pembukaan di JCC Senayan bersama beberapa kepala SKPD.

Kadis PM-PTSP Mekry Sondey, SE, MSi yang juga penanggung di Stand Minahasa pada pagelaran Apkasi Expo mengatakan keikutsertaan kabupaten Minahasa di JCC untuk menampilkan hasil-hasil pembangunan di daerah, termasuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di tanah Toar Lumimuut ini.

“Potensi yang di promosikan di JCC, selain hasil-hasil pembangunan juga di bidang kepariwisataan dan produk-produk lokal berupa makanan jadi seperti kacang-kacang-an dan krepek yang dikelolah oleh pelaku UMKM,” kata Sondey.

Dengan keikutsertaan Kabupaten Minahasa dalam Apkasi Expo di Jakarta, menurut Sondey, paling tidak daerah kita semakin dikenal lewat produk-produk yang di tonjolkan. Buktinya, sejumlah pejabat negara sambangi stand Minahasa.

“Sejumlah pejabat negara, bahkan Mendagri Tito Karnavian saat berkunjung di stand Minahasa, langsung diterima Bupati ROR didampingi Wakil Bupati RD serta Ketua TP-PKK, Dra. Fenny Roring-Lumanauw, SIP dan Wakil Ketua TP-PKK bahkan sejumlah pejabat Pemkab Minahasa. Pada kesempatan itu, Bupati langsung menyerahkan cinderamata khas Minahasa kepada Mendagri dan beberapa pejabat negara lain,” ungkapnya.

Selain itu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Minahasa di bawah kepemimpinan Ketua, Dra. Fenny Roring-Lumanauw, SIP dan Wakil Ketua, Martina Dondokambey-Lengkong, juga berpartisipasi dalam memamerkan berbagai produk kerajinan daerah di stand Pemkab Minahasa.

“Keikutsertaan Dekranasda Minahasa patut mendapatkan apresias, karena telah mempromosikan berbagai produk pengrajin daerah baik berbagai asesoris serta kain khas Minahasa. Namun, beberapa produk makanan khas Minahasa juga diikutsertakan yang ternyata cukup banyak diminati pengunjung,” ungkap Lumanauw.

“Mudah-mudahan kehadiran kami disini dengan membawa berbagai hasil kerajinan yang dikerjakan pengrajin dan makanan khas Minahasa akan membawa nilai tambah,” pungkasnya.

Penulis: Lefrando A. Gosal

(Advetorial)