Sadam Serap Aspirasi Masyarakat Bukaka Soal Jaringan Internet

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Samsudin Dama (Sadam), gelar reses masa persidangan kedua tahun 2021.

Pertemuan ini berlangsung pada Kamis, 7 Agustus 2021, di Desa Bukaka, Kabupaten Boltim, Sulawesi Utara (Sulut).

Salah satu topik pembahasan saat reses adalah akses jaringan internet yang masih sulit di desa.

Sangadi (Kepala Desa) Bukaka, Arfan Ibrahim mengatakan, kondisi internet di desa belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi saat ini, siswa-siswa sedang dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Sangadi (Kepala Desa) Bukaka, Arfan Ibrahim

“Internet yang ada di Desa Bukaka, belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat PJJ, ada beberapa siswa yang harus pergi ke desa lain, sekedar untuk mencari jaringan,” ucap Ibrahim.

Sangadi Bukaka menambahkan bahwa, saat ini sudah ada layanan internet satelit dengan kuota 30 GB per bulan, dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Boltim, yang ditempatkan di kantor desa. Namun kuota ini belum mencukupi penggunaan internet seluruh masyarakat Bukaka.

Menurut Plt Kepala Diskominfo Boltim, Ikhlas Pasambuna, instansinya sudah menyiapkan rencana strategsi (Renstra) tahun 2021, untuk mengatasi permasalahan jaringan di Kabupaten Boltim.

Plt Kepala Diskominfo Boltim, Ikhlas Pasambuna

“Apalagi dengan visi misi bupati dan wakil bupati, yaitu ‘Smart City’, maka kami akan mulai dari penyusunan infrastruktur. Rencana awal, akan ada pembangunan server jaringan di kota dulu,” ujar Pasambuna.

Menanggapi aspirasi masyarakat, Sadam berjanji akan mengawal persoalan jaringan internet. Menurutnya pembangunan harus terjadi secara merata. Apalagi saat ini, anak-anak sekolah sangat membutuhkan koneksi internet untuk belajar.

“Memang prioritas juga perkotaan, tetapi sebagai wakil rakyat, saya akan berusaha mengawal ini. Agar supaya, pembangunan di desa dan kota, terjadi secara merata,” balas Dama.

Penulis: Filo Karundeng