Salurkan Bantuan ke Masyarakat, Pemkot Manado Siapkan Mekanisme

MANGUNINEWS.COM, Manado – Menyikapi keluhan masyarakat Kota Manado soal pembatasan aktivitas saat pademi virus corona (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Manado, siap menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak.

“Pembatasan aktivitas warga dalam penanganan virus corona, pemerintah siap salurkan bantuan berupa sembako bagi warga terdampak,” kata Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat (Pemhubmas) Kota Manado, Drs Sonny M. Takumansang, M.Si, Kamis (9/4).

Namun menurutnya, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Manado ada mekanisme dan aturan yang harus dilihat saat penyaluran.

“Dalam penyaluran, nama-nama warga terdampak Covid-19 sebagai penerima sembako yang sudah dimasukkan ke Dinas Sosial Kota Manado, wajib dilengkapi dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai penduduk Kota Manado. Kemudian divalidasi dengan cara diumumkan kembali nama-nama calon penerima sembako di masing-masing lingkungan oleh Kepala Lingkungan melalui pengeras suara atau toa,” ujar Takumansang.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan agar masyarakat tau siapa para penerima bantuan di wilayahnya.

“Tahapan ini dilakukan agar rakyat juga mengetahui siapa-siapa calon penerima bantuan sembako yang benar-benar terdampak wabah Covid-19,” jelasnya seraya menegaskan, dari hasil validasi data di lingkungan, bisa bertambah atau berkurang jumlah penerimanya.

“Dan data terakhir ini akan dibuatkan Surat Keputusan Walikota, DR, Ir. G.S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, sebagai penerima bantuan sembako dari Pemerintah Kota Manado,” sambungnya sembari berharap kerjasama yang baik semua pihak, Camat, Lurah, Kepala Lingkungan dan masyarakat untuk bersama mengawasi mekanisme penyalurkan sembako agar tepat sasaran kepada warga yang terdampak Covid-19. (Denny Pongayow)