Samsat Tondano Ajak Masyarakat Manfaatkan Keringanan PKB

288

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Berbagai inovasi guna mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). Itu terlihat dari berbagai program yang terus digenjot pemerintahan besutan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Terbaru, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut, Pemprov Sulut mengeluarkan kebijakan pengurangan nilai pokok pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pembebasan denda serta bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Dikatakan Kepala Bapenda Sulut, Olvie Ateng melalui Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Tondano, Chress Mingkid, kebijakan yang akan dimulai pada 1 Juli 2020 sampai 31 Agustus ini merupakan bentuk perhatian Pemprov Sulut kepada masyarakat wajib pajak atas bencana non alam Covid-19.

“Ini juga bagian dari program online dalam selesaikan kewajiban yang terus digalakkan Pemprov Sulut untuk meringankan beban masyarakat wajib pajak,” ucap Mingkid saat ditemui di ruang kerjanya, pekan lalu.

Chres Mingkid

Ia menjelaskan, kebijakan ini telah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 yang dikeluarkan Pemprov Sulut melalui Bapenda Provinsi Sulut.

“Untuk besar pemberian keringanan tunggakan pokok PKB tahun kedua dan seterusnya diberikan potongan mulai dari 50 persen sampai 100 persen, denda keterlambatan PKB diberikan pembebasan 100 persen dan BBNKB diberikan potongan 50 persen. Sementara untuk tahun pembuatan 5 Tahun terakhir dapat potongan 100 persen,” jelasnya.

Ia menambahkan, program ini berlaku bagi seluruh masyarakat Sulut yang memiliki kendaraan bermotor, termasuk perusahaan

Semoga bisa meringankan beban masyarakat Sulut di tengah Pandemi Covid-19 dan mendorong bangkitnya perekonomian di Sulawesi Utara,” katanya sembari menjelaskan, untuk pembayaran pajak tahunan dapat dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Info Pajak Kendaraan Sulut. Selain itu juga bisa dibayarkan melalui ATM/Teller, M-Banking Bank SulutGO, serta aplikasi Samsat Online Nasional yang dibayarkan melalui ATM/M-Banking Bank BRI, BTN, dan Bukopin

Bagi wajib pajak yang ingin memanfaatkan program keringanan PKB dapat menghubungi Kantor UPTD Samsat Tondano,” terangnya.

Mingkid juga mengajak masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa untuk memanfaatkan program pro rakyat yang sudah dikeluarkan Pemprov Sulut.

“Terimakasih kami ucapkan kepada masyarakat Kabupaten Minahasa yang telah taat membayar pajak. Karena dengan membayar pajak kita sudah berkontribusi dan berpartisipasi secara langsung untuk pembiayaan pencegahan penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Lebih lanjut Mingkid menjelaskan, program ini juga sekaligus dalam rangka merayakan HUT Bhayangkara dan HUT RI. (Kharisma)