Senduk Sebut Masyarakat Perlu Memahami Peraturan Perundang-Undangan Daerah

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Syske Wongkar, S.Pd., menggelar sosialisasi ‘Peraturan Perundang-Undangan Daerah’, Senin (29/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Satpol PP itu, dihadiri dan dibuka langsung oleh Wali Kota Tomohon, Caroll J.A. Senduk, S.H.

Dalam sambutannya, ia mengatakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah (pemda), dimana pemda diberikan otonomi yang seluas-luasnya dan kewenangan yang lebih besar kepada daerah, untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Untuk itu, pemda diharapkan memberikan pelayanan yang lebih prima serta memberdayakan masyarakat, sehingga masyarakat ikut terlibat dalam pembangunan untuk kemajuan daerahnya.

Menurut Senduk, masyarakatlah yang lebih tahu apa yang mereka butuhkan serta pembangunan yang dilakukan akan lebih efektif dan efisien, dan dengan sendirinya masyarakat akan mempunyai rasa memiliki dan bertanggung jawab.

“Dalam rangka mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya, pemda menerbitkan peraturan daerah (perda) sebagai payung hukum dari semua peraturan yang menyangkut kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam masyarakat,” ujarnya.

Ia pun memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, karena katanya dengan pemahaman yang tinggi tentang peraturan perundang-undangan, maka akan mendukung terlaksananya penegakan hukum di wilayah kota Tomohon.

“Masyarakat perlu memahami bagaimana sesungguhnya peraturan perundang-undangan yang ada, dan cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari serta mengetahui apa yang harus dihindari dan dipatuhi,” tuturnya.

Senduk pula berharap, nantinya para peserta dapat mensosialisasikan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam perda, agar masyarakat mengetahui tentang perda yang ada di lingkungan pemerintah kota Tomohon.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga mengimbau untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun kita berada, dan beraktifitas tetap terapkan 5 M (red, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Diketahui, tampil sebagai narasumber, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Jaksa Pidana Umum Kejaksaan Negeri Tomohon dan Kasat Reskrim Polres Tomohon. Untuk peserta, para lurah se-kota Tomohon.

Penulis: Anugrah Pandey