Sering Beraksi di Tomohon, Pencuri ‘Kambuhan’ Ditangkap Tim Totosik

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Penyakit ‘kambuhan’ kembali diperagakan DJS alias Epit. Barang emas milik tetangganya nekat dicuri. Akibatnya, Senin (11/5), sekitar pukul 11.00 Wita, pria pengangguran yang berdomisili di Kelurahan Uluindano, Kecamatan Tomohon Selatan itu diciduk Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Polres Tomohon.

“Dasar penangkapan, surat laporan pelapor atas nama NNK, Nomor : LP/08/V/ 2020/res.tomohon/sek.tomsel. tanggal 11 Mei 2020,” kata Katim TRC Totosik, Bripka Yanny Watung.

Katim mengungkapkan, pelaku mengambil barang emas jenis kalung pada subuh hari, di saat pemilik rumah, perempuan NNK sudah tertidur.

“Saat itu pelaku yang merupakan tetangga pelapor memang sering tidur di rumah dari pelapor. Keesokan harinya pelaku menyerahkan kalung tersebut kepada ibunya, MCS. Ia kemudian menjual kalung tersebut di salah satu toko emas di Kelurahan Paslaten Satu,” jelas Watung.

“Dari hasil penjualan ia menerima uang sebesar Rp 1.800.000. Hasil dari penjualan tersebut kemudian dibelikan handphone merek Oppo berwarna merah dengan harga Rp 950.000. Sisanya pelaku gunakan untuk keperluan sehari-hari. Atas kejadian tersebut, pelapor NNK mengalami kerugian sebesar Rp 3.500.000,” papar Watung.

Menurut Katim, saat menerima laporan, Tim URC Totosik langsung turun ke tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan penyelidikan.

“Tim mendapatkan informasi, orang yang dicurigai lelaki DJS. Kita langsung merapat ke rumah dari pelaku dan melakukan interogasi kepada DJS. Pelaku mengakui perbuatannya dan membenarkan bahwa kalung yang ia ambil telah diserahkan kepada ibunya,” beber Watung.

Dari hasil dari interogasi terhadap MCS, ibu dari pelaku DJS, kalung tersebut telah ia jual di toko emas, dan hasil dari penjualan itu telah dibelikan satu buah handphone.

“Tim bergerak ke toko emas yang dimaksud namun toko tersebut masih dalam keadaan tutup. Tim mengamankan handphone merek Oppo berwarna merah dari pelaku atas dasar hasil kejahatan dan mengamankan pelaku beserta ibunya ke Mako Polsek Tomohon Selatan, untuk dimintakan keterangan lebih lanjut,” tandas Watung.

Dari keterangan petugas, terungkap pelaku sebelumnya pernah melakukan pencurian di salah satu toko handphone daerah pusat Kota Tomohon, dan beberapa rumah yang berada di seputaran Perum Uluindano. (Rikson Karundeng)