Sering Terjadi Longsor di Ruas Jalan Atep Manembo, Warga Usul Buka Jalur Alternatif

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Masyarakat keluhkan ruas jalan desa Atep dan desa Manembo yang dari dulu sampai saat ini sering terjadi tanah longsor, apalagi di saat musim hujan. Teranyar, Minggu (16/5), di jalur tersebut terjadi tanah longsor akibat hujan deras.

Hal tersebut memantik tanggapan masyarakat setempat dan meminta kepada pemerintah terkait, untuk memperhatikan persoalan tersebut.

Salah satu warga, Ronny Malingkonor menaruh harapan besar kepada pemerintah dan instansi terkait. Demi kelancaran mobilisasi kendaraan, masyarakat mengusulkan agar pemkab Minahasa dapat membuka jalur alternatif.

“Bahkan ada beberapa rumah di desa Atep dan desa Atep Satu kena longsoran tanah. Maka kami berharap pada pemerintah dalam hal ini Bapak Bupati Minahasa, Ir. Royke O. Roring untuk dapat membuka jalan alternatif, dari kompleks pekuburan desa Manembo melewati perkebunan wilayah kepolisian desa Atep terus keluar ke desa Temboan,” pintanya.

Menurutnya, agar ke depan bila terjadi lagi tanah longsor, mobilisasi kendaraan masyarakat di desa-desa kecamatan Langowan Selatan sudah ada jalan alternatif, dan efek positifnya akan menguntungkan para petani.

“Mohon bantuan Bapak Bupati dan instansi terkait dalam hal ini Kadis PU dan Kaban BPBD. Terima kasih kepada Asisten Satu Bapak Denny Mangala, Camat Langowan Selatan Bapak Donal Lumingkewas bersama staf pemerintah kecamatan, dan juga BPBD yang cepat tanggap langsung action turun ke titik-titik lokasi bencana alam di kecamatan Langowan Selatan, walaupun suasana di malam hari tapi tetap semangat,” ujarnya.

Penulis: Anugrah Pandey