Sirait Jabat Wadir Narkoba Polda Sulut, Gatot Pimpin Polres Tomohon

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Berdasarkan Surat Telegram Kapolri, masing-masing bernomor, ST/1377/V/KEP./2020, ST/1378/V/KEP./2020, dan ST/1382/V/KEP./2020, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, tongkat komando Korps Bhayangkara Tomohon beralih tangan.

Bertempat di halaman Kepolisian Resor (Polres) Tomohon, diadakan penyambutan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) yang baru. AKBP Raswin Bachtiar Sirait, S.IK., S.H., M.Si., resmi digantikan AKBP Bambang Ashari Gatot, S,IK., M.H., Selasa (12/5). Setelah Senin sebelumnya telah dilaksanakan serah terima jabatan, di ruang Catur Prasetya Polda Sulut.

AKBP Raswin B. Sirait dengan tugas baru sebagai Wakil Direktur (Wadir) Reserse Narkoba Polda Sulut, mengucapkan terima kasih bagi rekan-rekan anggota, masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. Bagi Kapolres yang baru, diucapkan selamat bertugas.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak buat personil Polres Tomohon yang sudah mendukung saya selama bertugas di Polres Tomohon dan memberikan apresiasi buat seluruh anggota yang sudah tertib dan taat akan aturan. Selama kurang lebih satu setengah tahun bertugas di Polres Tomohon, saya merasa aman,” ucapnya.

“Terima kasih juga masyarakat Kota Tomohon yang sudah patuh dan taat pada aturan sesuai dengan Maklumat Kapolri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga tidak ada hal-hal yang menonjol. Semuanya bisa terlaksana dengan baik. Dan selamat datang Bapak Kapolres AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK., M.H., di Polres Tomohon, selamat bertugas,” ungkapnya.

Ia pun memohon maaf kepada keluarga besar Polres Tomohon jika telah melakukan kesalahan selama bertugas.

“Saya pribadi dan keluarga mohon maaf jika selama bertugas di Polres Tomohon ada kesalahan,” tambah Siarait.

“Harapan saya, situasi dan kondisi seperti ini dapat dipertahankan. Apalagi menghadapi pandemi corona ini. Jadi dibutuhkan kerja keras dan kerjasama dari masyarakat juga untuk membantu petugas Kepolisian maupun Pemerintah Kota Tomohon, untuk bisa menciptakan keamanan dan ketertiban di Kota Tomohon,” pinta Sirait.

Sementara, Kapolres yang baru AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK., M.H., menjelaskan akan lebih  berupaya, semangat  dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas di Polres Tomohon.

“Saya sudah mempunyai visi dan misi untuk ke depannya. Mungkin sangat berat untuk mempertahankan tugas yang telah ditinggalkan oleh Bapak Raswin. Tapi saya tetap akan berusaha meningkatkan dan melanjutkan tugas untuk ke depannya, berkerja sama dengan masyarakat dan Pemerintah Kota Tomohon” ujar Gatot.

“Apalagi dalam menghadapi pandemi virus corona ini, transparansi penegakkan hukum akan tetap dilaksanakan. Dan akan ada beberapa strategi lainnya yang akan diterapkan untuk penegakkan hukum dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Gatot.

Tak lupa ia juga berterima kasih kepada Kapolres sebelumnya. “Saya ucapkan juga terima kasih buat Bapak AKBP Raswin Bachtiar Sirait, S.IK., M.Si. Selamat bertugas di tempat yang baru,” tutup Gatot.

Pantauan di lokasi, pelaksanaan penyambutan dan pelepasan Kapolres Tomohon, tetap memperhatikan protap pencegahan penyebaran Covid-19, dengan memakai masker dan menjaga jarak serta masuk bilik anti septik sebelum berada di halaman Mapolres Tomohon. (Denny Pongayow)