SMTSDK dan Touweru Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

MANGUNINEWS.COM, Motoling Barat – Solidaritas Masyarakat Tondei Satu Demi Keadilan (SMTSDK), kerja sama dengan Komunitas Touweru, menggelar pelatihan jurnalisme warga, Rabu (26/8). Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Sekolah Dasar (SD) Inpres Tondei, Kecamatan Motoling Barat, sekira pukul 13.50 – 17.00 Wita.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Tondano, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Tondano dan kaum milenial desa Tondei Satu.

Para peserta menerima materi pengantar filsafat, pengantar retorika dan pengantar jurnalistik, oleh pemantik Swadi Sual dan Yanli Sengkey, S.Pd.

Priska Gerung

Priska Gerung, mewakili peserta mengatakan, kegiatan ini untuk menambah wawasannya. Kelak, ia sudah mempunyai modal saat memasuki perguruan tinggi.

“Agar saya bisa menambah wawasan. Jika saya akan kuliah, saya sudah mendapati materi-materi ini dari sekarang,” kata Gerung.

Salah satu pemantik, Yanli Sengkey mengungkapkan, kegiatan ini untuk membina kaum milenial desa Tondei Satu untuk mengerti tentang jurnalisme warga.

“Kegiatan ini supaya membina generasi-generasi muda desa Tondei Satu, supaya lebih mengerti dan peka terhadap kegiatan-kegiatan jurnalistik di desa,” ungkapnya.

Diketahui, setelah kegiatan ini, peserta ditugaskan mencari narasumber untuk diwawancarai dan membuat berita terkait isu-isu dalam masyarakat. (Ferlandi Wongkar)