SPNF SKB Kota Tomohon Menamatkan 120 Peserta Didik Paket B dan C TA 2020-2021

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Lembaga Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tomohon menamatkan 120 peserta didik paket B dan C tahun ajaran (TA) 2020-2021, bertempat di Anugerah Hall Tomohon, Jumat (21/5).

Kepala SPNF SKB Kota Tomohon, Vicke T. Moningka, S.Pd., mengatakan para peserta didik sudah mengikuti ujian pada bulan April untuk paket C dan bulan Mei untuk paket B.

“Itu sudah diperintahkan dan ada aturan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pelaksanaan ujian pendidikan kesetaraan, karena ujian nasional sudah ditiadakan diganti dengan ujian pendidikan kesetaraan,” ujar Moningka usai acara graduation day SPNF SKB Tomohon.

“Untuk paket C yang lulus 101 orang, dan yang tidak ujian kami nyatakan tidak lulus yaitu sebanyak 19 orang. Sedangkan paket B yang mendaftar 23 orang, yang ikut ujian 19 orang, sisanya tidak ikut ujian,” bebernya.

Ia berharap, ke depan para peserta didik sekiranya dapat melanjutkan pendidikan ataupun mencari pekerjaan.

“Kalau yang akan mencari pekerjaan tentunya untuk menunjang perekonomian keluarga. Kalau yang ingin melanjutkan pendidikan, masih terbuka peluang untuk ikut kuliah dengan menggunakan ijazah paket C. Mereka dapat kuliah di universitas manapun, demikian juga dapat melamar pekerjaan baik pegawai negeri atau swasta. Untuk paket B kalau dia masih usia sekolah, ia dapat melanjutkan di sekolah formal. Tapi kalau tidak, mereka dapat mendaftar lagi di SKB manapun,” jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan kesan terhadap para peserta didik. Ia menilai mereka memang berkeinginan besar untuk menyelesaikan pendidikan.

“Itu bisa dilihat dari antusias para peserta didik. Contohnya, meskipun hujan kalau di bilang ada jadwal untuk belajar mereka datang. Ataupun untuk pembelajaran secara daring, mereka aktif bertanya ke tutor-tutor yang ada. Jadi kesan kami baik kepada anak-anak ini,” tandasnya.

Penulis: Anugrah Pandey