Sudah Dipatenkan, Dana Taktis Tidak Boleh Dirubah, Ini Penjelasan Kadis PMD Mitra

MANGUNINEWS.COM,Mitra – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mitra, sesuai capaian realisasi pelaksanaan Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2021 saat ini sudah mencapai 70 persen.

“Untuk diketahui Progres capaian realisasi Dana Desa Minahasa Tenggara sekarang sudah di posisi tahap 2 semua sudah di rekening, usai dilakukan evaluasi ke lapangan sudah mencapai 70 persen selesai, dan saat ini ada 20 desa yang telah mengajukan permintaan untuk  tahap ke 3,” ungkap Kepala Dinas PMD Mitra, Arnold Mokosolang kepada Manguninews.com saat ditemui di Ruang Kerjanya. Senin (1/11/21).

Menurutnya target pelaksanaan DD tahap ke 2 di Minggu pertama Bulan November sudah selesai.

” Jadi untuk tahap ke 2 telah selesai karena mungkin hari Rabu dan minggu ini sampai dengan minggu depan, sudah masuk ke tahap evaluasi Perdes APBdes perubahan di mana semua desa akan mengajukan rancangan APBdes perubahan, apa bila ada hal yang berkaitan dengan perubahan apbdes itu nantinya akan di musyawarahkan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Walapun musyawarah sudah dilaksanakan pada pekan yang lalu namun pihaknya  akan turun lapangan untuk melakukan evaluasi apbdes perubahan 2021 di masing-masing desa.

” Saya berharap nantinya desa-desa saat kami turun ke lapangan sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan persiapan untuk perubahan apbdes, dan tim akan turun langsung ke lapangan berkaitan dengan perubahan apbdes 2021 di masing desa,”jelasnya

Mokosolang pun mengingatkan untuk hal-hal yang tidak bisa diubah diantaranya, dana penerima BLT dan dana 8 persen di masing-masing desa karena menurutnya, anggaran itu akan menjadi dana taktis dan sudah dipatenkan sehingga tidak bisa diubah.

“Jadi untuk Dana taktis ini artinya, dana dalam rangka untuk persiapan desa membiayai, baik itu pencegahan covid-19 maupun penanggulangan dan lain-lain, itu akan berkembang nantinya karena dana tersebut sudah menjadi program perioritas,” tandas Mokosolang.

Penulis: Herie Soriton

Editor: Lefrando Gosal