Sulut Siap Jadi Tempat Pelaksanaan Launching Kartu Prakerja

106

MANGUNINEWS.COM, Manado – Program kartu prakerja yang merupakan komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi), segera dilaunching. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pun siap menjadi tempat pelaksanaan launching tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sulut, Erny Tumundo, Jumat (13/3).

“Kartu prakerja tahun 2020 sebanyak 2 juta. Itu dibagi 1,5 juta diakses lewat digital dan 500 ribu diakses reguler. Sebanyak 1,5 juta kartu prakerja oleh Kementerian Perekonomian RI melalui akses digital dan 500 ribu oleh Kementerian Ketenagakerjaan melalui akses reguler,” terang Tumundo.

Dijelaskan, alokasi kartu prakerja 500 ribu dialokasikan untuk 5 daerah destinasi wisata superprioritas.

“3 daerah yang terdampak ekonomi karena wabah Covid-19. Sulawesi Utara mengakses pada dua kuota yaitu sebagai salah satu dari 5 destinasi dan satu dari 3 daerah di Indonesia yang mengalami dampak virus corona,” ungkap Tumundo.

Ia juga menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sulut sudah membuka pendaftaran di tahap pertama dan yang mendaftar sebanyak 7000-an peserta.

“Hari ini tim terpadu dari Kemenaker RI melaksanakan sosialisasi kartu prakerja dan melakukan pemetaan tempat pelatihan dengan kapasitas tampung pelatihan,” jelas Tumundo. (Tim Men)