Tangani 30 Kasus DBD, Dinkes Tekankan Upaya Pencegahan

Maya Rambitan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Tingginya angka pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Minahasa, tuai perhatian khusus dari Pemerintah. Tercatat dalam data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa, sebanyak 30 kasus terjadi hingga akhir bulan Januari 2020. Merespon hal ini, masyarakat diminta untuk mengedapankan upaya pencegahan.

Hal ini diungkapkan plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, dr. Maya Rambitan.

“Memang sejak Januari terjadi 30 kasus, sedangkan di bulan Februari belum ada laporan kasus DBD,” kata Rambitan, Senin (03/02).

Menyikapi hal ini, pihaknya terus berupaya melakukan upaya pencegahan. Salah satunya dengan penyuluhan rutin yang dilakukan
Dirinya mengungkapkan bahwa Dinkes Minahasa terus melakukan koordinasi dengan setiap Puskesmas untuk rutin melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat. Meski begitu, ia mengaku partisipasi dan kesadaran masyarakat juga dianggap penting untuk menghindari potensi DBD.

“Kami mengimbau kepada warga untuk memperhatikan penyuluhan dan sosialisasi yang disampaikan agar terhindar dari penyakit saat ataupun setelah musim penghujan,” pesan Rambitan.

Lebih jauh, ia mengingatkan lima manfaat pencegahan perkembangbiakan nyamuk yaitu dengan cara memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan fentilasi, tidak menggantung pakaian didalam ruangan serta menaburkan bubuk larvasida pada penampung air.

Untuk mencegah berkembangnya Nyamuk Aedes Aegypti, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kesehatan menghimbau t agar melakukan pencegahan maksimal dengan program 3M yaitu Menguras, Menutup, Mengubur.

“Paling penting adalah menguras, menutup tempat penampungan air dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas. Tiga point ini perlu dalam mencegah dampak DBD,” tutup Rambitan. (Kharisma)