Tanggap dan Responsif, Lurah Tingkulu Tegas Prioritaskan Keselamatan Warga

MANGUNINEWS.COM, Manado – Selang sepekan, terjadi dua kali bencana alam di Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea, Kota Manado. Sikap tanggap dan responsif pun ditunjukan oleh jajaran pemerintah kelurahan.

Dikatakan, sikap ini dilakukan untuk memprioritaskan keselamatan jiwa warga, dengan turun langsung di lapangan membantu warga yang terkena musibah bencana.

“Tekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga kelurahan Tingkulu adalah prioritas kami. Keselamatan warga diatas segala-galanya, sehingga harus siap dalam kondisi apapun untuk melayani warga,” ungkap Lurah Tingkulu, Selvie Tea, Rabu (27/1).

Terpisah, Sekretaris Lurah, Noldi Lela dan Kepala Lingkungan 7 dan 8 mengungkapkan, bahwa saat turun hujan pemerintah langsung mengingatkan kepada warga yang rentan terkena longsor dan banjir, agar segera mengungsi sehingga meminimalisir resiko korban jiwa.

“Walaupun dalam pelayanan yang diberikan asas keadilan dan pemerataan sifatnya subyektif, sehingga sempat terjadi berbeda pandangan dengan warga yang menjadi korban bencana, tetapi telah diselesaikan dan boleh mendapatkan kata sepakat,” ujarnya.

Pengamat pemerintahan dan politik, Josef Kairupan mengatakan, bahwa sekalipun pemerintah memiliki keterbatasan, apalagi lingkup pemerintah kelurahan yang sangat minim dana operasionalnya untuk menangani bencana seperti ini, ada mekanisme dan prosedur yang panjang agar bantuan bencana dapat disalurkan kepada masyarakat.

“Intinya pemerintah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai wujud responsivitas pelayanan pemerintah kepada warganya,” tandas Kairupan yang juga warga kelurahan Tingkulu.

Penulis: Anugrah Pandey